Pelaksanaan Putusan Pengadilan Oleh Jaksa Dalam Tindak Pidana Narkotika

Aditya Dio Pradana, Bambang Santoso, S.H., M.Hum

Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan putusan Pengadilan oleh Jaksa terhadap Terpidana mati sesuai dengan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, pertimbangan Mahkamah Agung menolak permohonan Peninjauan Kembali kedua Terpidana mati Michael Titus Igweh karena tidak adanya novum, dimana novum adalah salah satu dasar pengajuan Peninjauan Kembali yang diatur dalam Pasal 263. Di sisi lain Pasal 270 menyebutkan bahwa pelaksanaan putusan pengadilan dilakukan oleh Jaksa. Terkait dengan pidana mati, eksekusi putusan dilakukan tidak di muka umum. Ketentuan tersebut pada tahun 2016 telah dilaksanakan oleh Jaksa dan tidak di muka umum, eksekusi terpidana mati dalam tindak pidana narkotika telah sesuai dengan KUHAP.

    Kata Kunci: Peninjauan Kembali, Pidana Mati, Tindak Pidana Narkotika.

Full Text:

PDF

References

Leden Marpaung. 1992. Proses Penanganan Perkara Pidana. Jakarta: Sinar Grafika.

Moh. Taufik Makaro. 2005. Tindak Pidana Narkotika. Bogor: Ghalia.

Peter Mahmud Marzuki. 2013. Penelitian Hukum. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Jurnal

Ida Bagus Putu. 2013. Kebijakan Rehabilitasi Terhadap Penyalahguna Narkotika Pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Jurnal Magister Hukum Udayana Volume 2 Nomor 1. Bali: Universitas Udayana.

Rick Lines. 2010. Searching for Narcotics in San Diego: Preliminary Findings from the San Diego Search Warrant Project. California Western Law Review,

Volume 36.

California: California Western School of Law. Rick Lines. 2010. Searching for Narcotics in San Diego: Preliminary Findings from the San Diego Search Warrant Project. California Western Law Review, Volume 36. California: California Western School of Law.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.