PENGEMBANGAN EDU-GAME BASIS DATA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMAHAMI SYNTAX SQL KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Zaima Faiza, Khusnul Qotimah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengembangan Edu-Game basis data berbasis Android
untuk kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Surabaya, (2) mengetahui respon siswa terhadap Edu-Game basis
data berbasis Android untuk kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Surabaya, (3) mengetahui hasil belajar siswa
setelah menggunakan Edu-Game basis data berbasis Android untuk kelas XI RPL di SMK Negeri 2
Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Research and
Development (R&D) dengan hanya pada tahap uji coba produk. Desain penelitian yang dipakai pada
penelitian ini adalah One Shot Case Study, sehingga perlakuan treatment menggunakan Edu-Game basis
data berbasis Android hanya dilakukan pada satu kelas di SMK Negeri 2 Surabaya kelas XI RPL 1. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Edu-Game basis data berbasis Android dibuat dengan menggunakan
perangkat lunak Adobe AIR for Android yang berjalan pada platform Adobe Flash CS6, (2) hasil respon
siswa terhadap Edu-Game basis data berbasis Android mempunyai persentase 83,38% dengan kriteria
respon siswa sangat baik., (3) hasil belajar siswa menunjukkan banyak siswa yang melampaui KKM
dengan KKM dalam rentang nilai 2,51%-2,84% atau B- dengan tingkat ketuntasan nilai rata-rata 85,29%
dan untuk tingkat siswa yang tidak tuntas sebesar 14,71%.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pres.

Indonesia. (2014). Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 104.

Jakarta: Depdiknas.

ISO9126. (2000). Information Technology

- Software Product Quality.

ISO/IEC.

Majid, A. (2012). Mobile Learning.

Dipetik Februari 23, 2016, dari

http://jurnal.upi.edu/file/Mobile_L

earning_ok.pdf

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran

Variabel - Variabel Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Statista. (2016). Statista, Inc. Dipetik

Februari 23, 2016, dari Statista:

http://www.statista.com/statistics/2

/market-share-held-bymobile-operating-systems-inindonesia/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan : Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.