Pengembangan Trainer Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535 Sebagai Media Pembelajaran di SMK KAL-1 Surabaya Inovasi Pembelajaran Kejuruan
Abstract
8535. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah pendidikan di SMK yang berorentasi pada
kegiatan praktik, sehingga perlu adanya sebuah media yang sesuai dalam penyampaian materi
pembelajaran selama kegiatan praktik. Metode penelitian menggunakan Research and Development
(R&D). Dan untuk pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari: (1) hasil validasi untuk
mengetahui kelayakan trainer, (2) hasil penilaian kinerja praktikum siswa untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam menggunakan trainer, dan (3) hasil respon siswa untuk mengetahui
tanggapan siswa terhadap media trainer yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa, hasil validasi keseluruhan aspek pada trainer dinyatakan baik dengan rata-rata
hasil rating sebesar 84,76%,. Kemampuan siswa SMK dalam menggunakan trainer dikategorikan baik
dengan rata-rata hasil penilaian kinerja sebesar 80,66%. Respon siswa SMK pada keseluruhan aspek
yang terdapat pada trainer dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating
respon siswa sebesar 79,47% yang dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa trainer berbasis
mikrokontroler atmega 8535 yang dihasilkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran
pada mata pelajaran mikrokontroler.
References
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Afandi, Lukman. 2012. Pengembangan Trainer
Driver dan Display Status Kerja Motor
Dengan Mikrokontroler Atmega 8535
Berbasis Code Vision Avr Dalam Merakit
Peralatan dan Perangkat Elektronik
Sistem Pengendali Elektronika di SMK
Negeri 2 Bojonegoro.
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurna
l-pendidikan-teknik./151oleh ML Afandi -
diakses tanggal 11 Oktober 2016.
Direktorat Pembinaan SMK. 2010. Modul
Menguasai Teori Dasar Elektronika.
Surabaya: Departemen Pendidikan
Nasional.
Syahrul. 2012. Mikrokontroler AVR ATMEGA
Bandung: Informatika
Nursalim, Mochamad dkk. 2007. Psikologi
Pendidikan. Surabaya: Unesa University
Press.
Riduwan.2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung:
Alfabeta.
Sudjana.2005. Metodologi Statistik. Bandung:
Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.