PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR WRAP AND DRAP DRESS SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Nurani Rahmasari

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar Wrap and Drap Dress
siswa SMK program keahlian Tata Busana melalui media audio visual. Selama ini model
pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik hanya
mendengarkan. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran melalui media
audio visual, sehingga mampu meningkatkan psikomotor dan hasil belajar peserta didik. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik dengan
penerapan media audio visual dalam pembelajaran Wrap and Drap Dress. Penelitian dilakukan dalam
dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket respon siswa. Analisis
data menggunakan rata-rata, hasil belajar dan respon siswa menggunakan prosentase. Subjek dalam
penelitian ini adalah 30 siswa program keahlian Tata Busana. Hasil penelitian dengan media audio
visual dalam meningkatkan kompetensi dasar Wrap and Drap Dress dalam dua siklus terlaksana
dengan baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I terdapat 40% siswa yang tidak tuntas dari
jumlah keseluruhan 100% yaitu 20 peserta didik. Peningkatan terjadi pada siklus II, peserta didik
100% tuntas dalam pembelajaran. Hasil respon peserta didik terhadap pembelajaran Wrap and Drap
Dress menggunakan media audio visual sangat positif

References

Arifin, Zaenal. 2012. Evaluasi

Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Revisi V.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media

Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elisabetta. 2007. Wrap and Drape

Fashion History, Design and Drawing.

Malaysia: The Pepin Press.

Munir. 2012. Multimedia Konsepdan

Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sadiman dkk. 2010. Media Pendidikan

Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Suhartini, Ratna. 2012. Draping.

Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.