Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Sistem Modulasi Dalam Pembelajaran di SMK
Abstract
Karena akan sangat sulit apabila siswa hanya membayangkan dan tidak secara langsung menerapkan
teori pada sebuah peralatan nyata. Inilah tujuan dari pengembangan media pembelajaran trainer
sistem modulasi sebagai aternatif alat peraga yang layak digunakan sebagai media penunjang dalam
pembelajaran siswa di SMK.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D (Define,
Design, Develop & Desseminate). Namun dalam kenyataannya tahap penyebaran (desseminate) tidak
dilakukan karena keterbatasan penelitian. Untuk mengetahui tingkat kelayakan media trainer dan
jobsheet dilihat dari nilai rata-rata validasi dari para ahli. Kemudian dilakukan uji coba terbatas serta
diberikan angket respon kepada 20 orang siswa SMK, untuk mengetahui respon siswa terhadap media
yang dikembangkan.
Hasil penelitian berupa trainer sistem modulasi yang dinilai baik dengan hasil rat-rata rating validasi
sebesar 81,56%, sedangkan jobsheet dinilai baik dengan hasil rata-rata rating validasi sebesar 83,08%.
Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam media trainer dan jobsheet dinilai sangat
baik dengan hasil sebesar 83,6%. Jadi media pembelajaran trainer sistem modulasi dan jobsheet valid
dan layak digunakan sebagai media penunjang dalam pembelajaran siswa di SMK.
References
Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan
Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan
Menengah.
Dept. Of E&C. (2009). Advanced Communication
Lab Manual-10ECL67, Mangalore:
Canara Engineering Colleg.
E. Cura. (2001). EE3150 Comunication System
Laboratory, Dallas: University of Texas.
Ejang A. Juanda, Praktikum Telekomunikasi II.
VCO (Voltage Controlled Oscillator) dan
PLL (Phase Locked Loop) Elektro FPTKUPI- Bandung, (Online),
(http://file.upi.edu/direktori/fptk/jur._pe
nd._teknik_elektro/195508261981011_
Enjang_Ahmad_Juanda/Jobsheet__Pll_
_Enjang_A_J__Upi_.Pdf, diakses 3
Maret 2014).
Hwei P. Hsu. (2003). Analog and Digital
Communications, Schaum’s Outline
McGraw-Hill.
John G Proakis, Masoud Salehi. (2001).
Communications Systems and
Engineering, 2nd Edition, Prantice
Hall,Inc.
Krauss Herbert, dkk. (1990). Teknik Radio
Benda Padat. Jakarta: UI-Press.
Miguel Albert C. (2011). Modulacion y
Demodulacion en
AM,(Online),(https://www.youtube.com
/watch?v=fCdSdDC25I4, diakses 23
Maret 2014).
Mukharil Adam, S. Kom. (2010). Diktat
Komunikasi Data, Jakarta: UNIKOM.
Putra Nusa. (2012). Reasearch & Development.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahayu, Yuni Sri. (2009). Modul Pengembangan
Perangkat Pembelajaran. Surabaya:
Departemen Pendiidikan Nasional
Universitas Negeri Surabaya.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roberts. (1994). Kamus Audio, Radio, dan
Video. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
R.P . Singh, S.D. Sapre. (2007). Communications
Systems, 2nd Edition, McGraw-Hill.
Simon Haykin. (2000). Communications
Systems, 4nd Edition, John Willey &
Sons.Inc.
Tim. (2006). Panduan Penulisan dan Penilaian
Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri
Surabaya.
Team MPT. (1985). Metodologi Pengajaran
Teknik. Bandung : Pusat Pengembangan
Penataran Guru Teknik.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan,
dan Implementasinya pada KTSP.
Jakarta: Kencana
Yudi Nyoman. (2011). Mengenal Project Board
atau Bread
Board,(Online),(http://www.aisi555.co
m/2011/07/mengenal-project-boardatau-bread-board.html, diakses 5 Maret
.
Refbacks
- There are currently no refbacks.