PENERAPAN APLIKASI COREL DRAWPADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Febriani Lukitasari

Abstract

Penerapan aplikasi corel draw pada mata pelajaran kewirausahaanbertujuan untuk mengetahui: 1)
aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, 2)aktivitas peserta didik, 3) respon peserta didik,
4)hasil belajar peserta didik.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Eksperiment,
menggunakan desain penelitian pre-test and post-test design.Subjek adalah peserta didik kelas XI
Jasa Boga 1 SMK Negeri 1 Buduran berjumlah 30 peserta didik dengan teknik purposive sampling
atau sampling pertimbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes
hasil belajar, observasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamat
aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan tes
hasil belajar sedangkan respon siswa menggunakan angket. Analisis data persentase digunakan untuk
aktivitas guru, analisis data persentase digunakan untuk aktivitas peserta didik, respon siswa dengan
analisis deskriptif kuantitatif dan hasil belajar peserta didik menggunakan analisis scoring hasil pretest dan post-test diubah kedalam bentuk persentase.Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan
aktivitas guru dalam pengelolaan kelas mencapai rata-rata 89,2%. Aktivitas peserta didik
menunjukkan hasil rata-rata 91,7%. Respon peserta didik mencapai persentase rata-rata 93%
merespon“ya” karena peserta didik bertanggungjawab, berani mengemukakan pendapat sesuai dengan
lembar penilaian respon peserta didik. Hasil belajar peserta didik antara pre-testdan post-test
mengalami peningkatan, persentase yang didapat untuk peserta didik yang tuntas yaitu 92.5% dan
peserta didik yang tidak tuntas dengan persentase 7.5%. Jadi hasil belajar peserta didik secara klasikal
dikatakan tuntas sesuai dengan standard yang diinginkan oleh sekolah pada tiap kelas persentase
kelulusannya >75%.

References

Arikunto,Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian.

Jakarta: PT Rinerka Cipta.

Arends, Richard I. (2001). Learning to Teach.

New York: Mc Graw Hill.

Budiningsih, Asri. (2010). Belajar Dan

Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum &

Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Kahairudin. (2010). Pengertian Aktivitas

Siswa.http://definisi-pengertian.blogspot.com

diakses.16 Febuari 2013

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang

Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Belajar

Mengajar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: CV.Alfabeta.

Suherman, Erman. (2001). Strategi Pembelajaran

Matematika Kontemporer. Bandung: JICA –

UPI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.