Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menerapkan Model Pembelajaran Kooperataif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Labang

Budi Hariyanto, Eki Pristiyanto

Abstract

Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia maka perlu diciptakan kehidupan
yang cerdas, damai, terbuka, demokratis serta membangun kesadaran untuk bersaing bagi para peserta
didik. Untuk mencapai tujuan tersebut guru dapat menerapkan salah satu model pembelajaran yang
dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa pada materi sistem pendingin di SMK Negeri 1 Labang. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian pengembangan teknik pembelajaran ini peneliti
menggunakan model pengembangan yang disebut dengan 4-D (Four D-Model. Rancangan penelitian
yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI program
keahlihan Teknik Kendaraan Ringan. Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan
dengan validasi para ahli yaitu dosen dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
Perangkat Pembelajaran mencakup RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), bahan ajar, LKS
(Lembar Kerja Siswa), dan soal evaluasi. Validasi perangkat pembelajaran untuk RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil rating 82,08%, bahan ajar mendapatkan hasil rating
82,65%, LKS (Lembar Kerja Siswa) mendapatkan hasil rating 78%, soal evaluasi mendapatkan hasil
rating 76,42%, (2) Persentase prestasi belajar siswa mendapatkan hasil rating sebesar 93,75%.

References

Muhibbin, Syah. (2003). Psikologi Pendidikan

Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.

Remaja Rosda Karya.

Nur, M. (2008). Pemotivasian Siswa Untuk

Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan

Matematika Sekolah Unesa.

Riduwan, M.B.A. (2013). Skala Pengukuran

Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:

Alfabeta.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning

Teori Riset Dan Praktikum. Terjemahan

Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Syaiful, Djamarah. (2008). Rahasia Sukses

Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu.

Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari. (2011). Peningkatan Hasil Belajar

Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika

Melalui Pembelajaran Cooperative

Learning Tipe Stad (Student Team

Achievement Division) Di SMKN 5 Jakarta.

[Online]. Diakses di:

Http://Blog.Tp.Ac.Id/Wpcontent/Uploads/C

fa5a30f4bf2c6297dddb5fac8c83df4.Pdf

Maret 2015].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.