PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHIAS MAKANAN DI SEKOLAH MENENGAH

Dinia Apriliani, Siti Yulian, Nurul Dian Afiani

Abstract

Penelitian dilakukan dikelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Pamekasan pada sub kompetensi
menghias makanann. Model pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan metoda ceramah
sehingga siswa kurang aktif dan merasa jenuh.Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan model
pembelajaran langsung dengan pengembangan media menggunakan audio visual tutorial agar siswa
tidak bosan, sehingga dapat meningkatkan psikomotor dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini
adalah 1)mengetahui bagaimana aktifitas guru, 2)mengetahui bagaimana aktifitas siswa,
3)mengetahui hasil belajar siswa, dan 4)mengetahui respon siswa setelah mengikuti kegiatan belajar
mengajar menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media audio visual. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Masing- masing
siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Metode pengumpulan data
pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket respon siswa.Analisis data menggunakan ratarata, hasil belajar dan respon siswa menggunakan prosentase. Hasil yang diperoleh peneliti : 1)
Aktifitas guru selama proses pembelajaran dua siklus secara besar mengalami peningkatan. Pada
siklus I selama pembelajaran berlangsung siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran
langsung.Namun untuk siklus II ada perbaikan dengan penggunaan media audio visual yang menarik
minat siswa. 2) Aktifitas siswa proses pembelajaran dua siklus secara besar mengalami peningkatan.
Pada siklus I selama pembelajaran berlangsung siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran
langsung.Namun untuk siklus II ada perbaikan dan dapat menarik minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 10 siswa yang tidak tuntas dari jumlah
kesluruhan 30 siswa. Peningkatan terjadi pada siklus II siswa mencapai tuntas secara keseluruhan.
4) Respon siswa terhadap model pembelajaran langsung dengan menggunakan media audio visual
pada sub kompetensi membuat busana anak memperoleh hal positif

References

A.M., Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: rajawali

Press.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Gafur, Abd. (1989). Disain Instruksional. Solo:

Tiga Serangkai.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi Belajar &

Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya

Nur, Muhammad. (2011). Model Pengajaran

Langsung. Surabaya: UNESA Press

Rusman.(2012). Model-Model Pembelajaran:

Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sadiman, Arief S. dkk.(2010). Media Pendidikan:

Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali

Press.

Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain

system Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Sudaryono.dkk. (2013). Pengembangan Instrumen

Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:

Graha Ilmu

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Trianto, (2007). Model Pembelajaran dalam Teori

dan Praktek. Jakarta: Prestasi pustaka

Publisher

Trianto.(2011). Panduan Lengkap Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi

Pustaka Publisher

Trianto.(2011). Model-Model Pembelajaran

Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran:

Menciptakan Proses Belajar Mengajar

yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi

Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.