PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHIAS MAKANAN DI SEKOLAH MENENGAH
Abstract
menghias makanann. Model pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan metoda ceramah
sehingga siswa kurang aktif dan merasa jenuh.Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan model
pembelajaran langsung dengan pengembangan media menggunakan audio visual tutorial agar siswa
tidak bosan, sehingga dapat meningkatkan psikomotor dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini
adalah 1)mengetahui bagaimana aktifitas guru, 2)mengetahui bagaimana aktifitas siswa,
3)mengetahui hasil belajar siswa, dan 4)mengetahui respon siswa setelah mengikuti kegiatan belajar
mengajar menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media audio visual. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Masing- masing
siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Metode pengumpulan data
pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket respon siswa.Analisis data menggunakan ratarata, hasil belajar dan respon siswa menggunakan prosentase. Hasil yang diperoleh peneliti : 1)
Aktifitas guru selama proses pembelajaran dua siklus secara besar mengalami peningkatan. Pada
siklus I selama pembelajaran berlangsung siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran
langsung.Namun untuk siklus II ada perbaikan dengan penggunaan media audio visual yang menarik
minat siswa. 2) Aktifitas siswa proses pembelajaran dua siklus secara besar mengalami peningkatan.
Pada siklus I selama pembelajaran berlangsung siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran
langsung.Namun untuk siklus II ada perbaikan dan dapat menarik minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 10 siswa yang tidak tuntas dari jumlah
kesluruhan 30 siswa. Peningkatan terjadi pada siklus II siswa mencapai tuntas secara keseluruhan.
4) Respon siswa terhadap model pembelajaran langsung dengan menggunakan media audio visual
pada sub kompetensi membuat busana anak memperoleh hal positif
References
A.M., Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: rajawali
Press.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Gafur, Abd. (1989). Disain Instruksional. Solo:
Tiga Serangkai.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi Belajar &
Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya
Nur, Muhammad. (2011). Model Pengajaran
Langsung. Surabaya: UNESA Press
Rusman.(2012). Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sadiman, Arief S. dkk.(2010). Media Pendidikan:
Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali
Press.
Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain
system Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Sudaryono.dkk. (2013). Pengembangan Instrumen
Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:
Graha Ilmu
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Trianto, (2007). Model Pembelajaran dalam Teori
dan Praktek. Jakarta: Prestasi pustaka
Publisher
Trianto.(2011). Panduan Lengkap Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi
Pustaka Publisher
Trianto.(2011). Model-Model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran:
Menciptakan Proses Belajar Mengajar
yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi
Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.