PENGARUH INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 CILAKU CIANJUR
Abstract
Interaksi sosial guru dengan siswa sebagai faktor eksternal yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar perlu sekali adanya interaksi guru dengan siswa yang komunikatif, kondisi yang menyenangkan dan suasana keakraban antara guru dan siswa. Sehingga dengan adanya rasa senang kepada guru. Maka, siswa dan siswi akan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh gambaran Interaksi Sosial guru dengan siswa di Jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur; 2) Memperoleh gambaran Motivasi siswa di Jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur; 3) Mengetahui seberapa besar Pengaruh pengaruh Interaksi Sosial guru dengan siswa terhadap motivasi belajar jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitan Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa dari jumlah populasi 66 siswa kelas XI program keahlian TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur.Dari hasil analisis data diperoleh hubungan yang terjadi antara kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Gambaran interaksi sosial siswa dengan guru dalam kriteria baik. Sedangkan gambaran umum dari motivasi belajar siswa di jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur adalah tinggi. Berdasarkan pada kriteria penafsiran koefisien korelasi, hubungan antara kedua variabel tersebut termasuk dalam kategori kuat.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Bumi Aksara
A.M. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati. Dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Joni, T. Raka. (1984). Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.
Lunenburg, Fred C. (2011) Expectancy Theory of Motivation: Motivating by Altering Expectations. [ONLINE]
Tersedia:https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CCsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.nationalforum.com%2FElectronic%2520Journal%2520Volumes%2FLuneneburg%2C%2520Fred%2520C%2520Expectancy%2520Theory%2520%2520Altering%2520Expectations%2520IJMBA%2520V15%2520N1%25202011.pdf&ei=eybWUaCsGsaPrQfB1YDABg&usg=AFQjCNFIOte7BFwdWKd7U35aDd6oAdt9iA&sig2=Vf9g8qpzKsvjqb4w1DfkZg&bvm=bv.48705608,d.bmk
Maryati dan Suryawati. (2005). Sosiologi. Esis, Jakarta
Muhibbin. (2006). Psikolog Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Murdiyatmoko dan Handayani. (2004). Pengertian Interaksi Sosial. [ONLINE] Tersedia : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/interaksi-sosial-definisi-bentuk-ciri.html [20Oktober2012]
Nazir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nana, Sudjana. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nelson, Lindsey D. (1998). Herbert Blumer's Symbolic Interactionism. [ONLINE]
Tersedia: http://www.colorado.edu/communication/meta-discourses/Papers/App_Papers/Nelson.htm
Prasetya, Darman. (2010). Interaksi Guru dan Siswa. [ONLINE]
Tersedia: http://smkfarmasiyansal.blogspot.com/2010/04/interaksi-guru-dan-siswa.html [20 Oktober2012]
Rainey. (1965) Motivasi Intrinsik & Ekstrinsik [ONLINE]
Tersedia : http://11031melinas.blogspot.com/2012/04/motivasi-intrinsik-ekstrinsik.html [20Oktober2012]
Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. (Edisi Keenam). Bandung : Alfabeta.
Ripandelli, April M. Contextual Teaching and Learning. [ONLINE]
Tersedia:https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&ved=0CEYQFjAC&url=http%3A%2F%2Fwww.kennesaw.edu%2Fenglish%2FContextualLearning%2F2003%2FBartow%2FAprilRipandelli.pdf&ei=MyrWUceVE4TIrQe-3IGADQ&usg=AFQjCNGJM80RlrnmWRphdlz0kNTlyrm6cw&sig2=V2VaqP-gWCakjS0w4efKdQ&bvm=bv.48705608,d.bmk
Siagian P. Sondang. (2004). Teori Motivasi & Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Soeharto dkk, (2003). Pengertian Motivasi Belajar Siswa. [ONLINE]
Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2011/05/motivasi-belajar-siswa.html [19Oktober2012]
Sulistiar, Arta dewi (2012). Siswa perlu perhatian dari guru. [ONLINE]
Tersedia : http://artadewisulistiari.blogspot.com/2012/07/siswa-perlu-perhatian-dari-guru.html [24Januari2013]
Sudjana. (2002). Pengertian Motivasi Belajar Siswa. [ONLINE]
Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2011/05/motivasi-belajar-siswa.html [19Oktober2012]
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. (Edisi Ketigabelas). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Edisi Kelima). Bandung: Alfabeta.
Tim Sosiologi, (2002). Bentuk-bentuk Interaksi Sosial. [ONLINE]
Tersedia: http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/interaksi-sosial-definisi-bentuk-ciri.html [20Oktober2012]
Uma Sekaran. (1992). Kerangka Berfikir. [ONLINE]
Tersedia: http://oemjazz.blogspot.com/2009/01/kerangka-berpikir.html
Oktober2012]
Universitas Pendidikan Indonesia. (2012). Pedoman Penelitian Karya Ilmiah. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.