UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR DENGAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN RAB DAN RKS BANGUNAN GEDUNG UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK GANESHA TAMA BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016

Sri Rahayu, Abdul Haris Setiawan, Eko Supri Murtiono

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui langkah-langkah yang benar penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran dari hasil belajar dengan penerapan metode Resitasi pada  mata pelajaran RAB dan RKS Bangunan Gedung pada kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Ganesha Tama Boyolali. (2) Untuk mengetahui peningkatan efektifitas pembelajaran dari hasil belajar pada mata pelajaran RAB dan RKS Bangunan Gedung untuk siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Ganesha Tama Boyolali dengan penerapan metode Resitasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian tindakan kelas setiap siklus ada fase perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran Resitasi pada mata pelajaran RAB dan RKS Bangunan Gedung pada siswa  kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali, efektifitas pembelajaran mengalami peningkatan atau perbaikan yaitu dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran serta meningkatnya hasil belajar dari setiap siklus baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik.

References

Daryanto & Muljo R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Haryati, Mimin. (2007: 25-26). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Jihad dan Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pessindo.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Martiyono. (2012). Perencanaan Pembelajarn. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Mulyani Sumantri & Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.

Rachmawati dan Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembeajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media

Reostiyah, NK. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, S. (2010). Suspensi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sinambela.(2006). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2004). Penilian Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. (2013).Cooperative Learning, Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryani dan Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Sudjana, Nana. (2009). Meningkatkan Efektifitas Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. (2004). Penilian Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susilo, Wawan. (2010). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi dengan Penerapan Metode Resitasi Bagi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Baturetno Tahun Ajaran 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

Zainal Arifin. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Refbacks

  • There are currently no refbacks.