Simulasi Digital Untuk Pembelajaran Bidang Produktif Boga Busana dan Rias di SMK Pariwisata
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1) mensosialisasikan simulasi digital pada guru-guru bidang produkif dan (2) melatih guru-guru bidang produktif agar mampu mengintegrasikan simulasi digital dalam kegiatan pembelajaran baik. Metode yang digunakan adalah (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) praktik membuat dan mengorganisir kelas maya dan komunikasi dalam jaringan; (4) pemberian tugas mengembangkan aktivitas belajar melalui kelas maya. Lama pelatihan sebanyak 32 jam, dilaksanakan selama 15 jam tatap muka dan 17 jam penugasan. Hasil kegiatan: (1) tersosialisasinya simulasi digital pada 32 orang guru bidang produkktif boga, busana dan rias dengan memaksimalkan fasilitas yang ada pada mesin pencari Google, berupa e-mail, google drive, dan google+, merancang dan mengelola pembelajaran menggunakan kelas maya dengan fasilitas Edmodo; (2) terlatihnya guru-guru bidang produktif boga, busana dan rias sehingga mampu mengintegrasikan simulasi digital, khususnya kelas maya dan komunikasi dalam jaringan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan diketahui berdasarkan tingkat kepuasan peserta. Secara keseluruhan peserta menunjukan rasa puas terhadap kegiatan ini dengan rerata skor 3,15, tingkat kepuasan terhadap penyampaian instruktur 3,28, kepuasan terhadap materi 3,16, kepuasan terhadap fasilitas 3,2 dan tingkat kepuasan terhadap hasil yang diperoleh 2,96. Sedangkan kemanfaatan kegiatan diketahui rerata skor 3,84 berada pada kategori sangat bermanfaat, dengan tingkat kemanfaatan bagi perbaikan PBM dengan rerata skor 3,88, kemanfaatan untuk menyongsong pembelajaran abad 21 dengan rerata skor 3,84, kemanfaatan bagi peningkatan kualitas diri dengan rerata skor 3,88 dan peningkatan bagi kualiats lembaga dengan rerata skor 3,76. Saran terhadap kegiatan ini peserta sangat mengharapkan kegiatannya berkelanjutan, dan dikembangkan sampai pada pembuatan materi pelajaran berbasis IT.
References
Anonim. (2013). Panduang E-learning with Edmodo v1012 untuk guru. Diakses dari www.slideshare.net pada Sabtu, 1 Maret 2015 pukul 15.30 WIB.
Anonim. (2013). Cara menggunakan edmodo. Diakses dari situs kotaknews.com, pada Sabtu, 1 Maret 2015 pukul 16.00.
Muchlisin Riasdi. (2013). Pengertian edmodo, kekurangan dan kelebihannya. Diakses dari
www.kajianpustaka.com pada Sabtu, 1 Maret 2015 pukul 16.15 WIB.
Priyo Harjiyono. (2013). Kelas Maya. Diakses dari situs http://anotherorion.com pada Sabtu, 1 Maret 2015 pukul 15.00 WIB.
TIM Penulis SEAMOLEC. (2013). Buku Sumber Simulasi Digital versi September 2013: Upaya mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui presentasi digital. Diakses dari www.slidesshare.net pada Minggu, 2 Maret 2015, pukul 19.00 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.