MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY 6 LANGKAH (TF-6M) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SMK

Cheria Drifi Asyifa, Mega Puspitasari

Abstract

Indonesia saat ini dihadapkan dengan tingginya jumlah pengangguran. Salah satu upaya  yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  melalui pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  sebagai satuan pendidikan formal yang menghasilkan lulusan siap kerja diharapkan turut membantu mencetak angkatan kerja yang benar – benar produktif dan berkompeten di bidangnya, serta diakui pasar kerja. Menentukan model pembelajaran adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan bagaimana karakteristik lulusan yang ada. Melalui model pembelajaran Teaching Factory – 6 Langkah (TF-6M), siswa SMK akan memiliki kecakapan personal, sosial, akademik dan vokasional yang terpadu pada satu siklus pembelajaran. Enam langkah dari satu siklus model ini, yaitu menerima pemberi order, menganalisis order, menyatakan kesiapan mengerjakan order, mengerjakan order, melakukan quality control, dan menyerahkan order. Model TF-6M ini menghadirkan dunia industri/kerja yang sesungguhnya dalam lingkungan sekolah sehingga meningkatkan soft skill dan hard skill siswa. Berdasarkan studi literatur yang dilaksanakan, model TF-6M juga cocok untuk mewujudkan jiwa entrepreneur karena model ini dapat meningkatkan kompetensi siswa baik kognitif maupun vokasional. Dengan demikian, model TF-6M dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu lulusan sehingga alumni SMK siap mendayagunakan kompetensinya tersebut baik dalam bekerja mandiri maupun sebagai pekerja di industri.

 

Full Text:

Untitled Untitled

References

Teaching Factory 6 Langkah (Model Tf-6m) untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 2. [Online], Diakses di: http://repository.upi.edu/ [10 Oktober 2016].

Hidayat M., Dadang. (2011). Model Pembelajaran Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.17,No 4. [Online], Diakses di: http://id.scribd.com/ [9 Oktober 2016].

Zainudin, Ikhsan, Suwachid., Rohman, Ngatou. (2013). Kontribusi Pelaksanaan Teaching Factory dalam Mempersiapkan Lulusan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Mesin, Vol.1, No 3. [Online], Diakses di: http://eprints.uns.ac.id/ [9 Oktober 2016].

Hidayat M., Dadang.(2014).Model TF-6M. [Online], Diakses di: http://www.tf-6m.com/ [11 Oktober 2016].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.