MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADU PADAN

Anis Rahmawati, Aryanti Nur Hidayati, Yulia Ratna Widyastuti

Abstract

Artikel ini mengungkapkan hasil penelitan tentang penerapan model pembelajaran kolaboratif padu padan pada mata diklat konstruksi bangunan untuk meningkatkan keaktifan siswa. Model pembelajaran kolaboratif padu padan merupakan perpaduan dari tiga model pembelajaran kolaboratif, yaitu Student Teams-Achievment Divisions (STAD), Numbered Heads Together (NHT), dan Student Facilitator And Explaining(SFE).Penenlitian ini adalah Action Research (AR) yang dilaksanakan di suatu SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan di Jawa Tengah pada tahun ajaran 2015/2016. Partisipan dalam penelitian ini adalah 34 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali putaran (siklus) Action Research. Hasil penelitian menunjukkan tingkat aktivitas siswa yang memenuhi target ketuntasan pada pra siklus 67,64%, pada siklus I 84,84% dan pada siklus II 88,23%. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.