Studi Literatur Pengaruh Hasil Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Keputusan Rencana Karier Peserta

Asri Andarini Nurlita

Abstract

Peserta didik harus memiliki keputusan rencana karier yang akan diambil setelah lulus dari SMK. Keputusan rencana karier harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik itu sendiri. Peserta didik dapat mengambil keputusan rencana atas kariernya berdasarkan pengaruh pendidikan melalui kegiatan Prakerin dan kewirausahaan, hal tersebut dikarenakan pada kegiatan Prakerin peserta didik dituntut untuk menjadi karyawan atau pekerja pada sebuah perusahaan, sedangkan pada kegiatan kewirausahaan peserta didik dituntut untuk menjadi pelaku usaha. Keputusan rencana karier yang matang akan membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi bidang keahliannya dan menciptakan suatu kesiapan kerja. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan studi literatur yang berasal dari jurnal, buku, dokumen dan sumber-sumber lain yang relevan. Hasil penelitian ini diantaranya menyimpulkan bahwa lulusan SMK yang telah melaksanakan kegiatan Prakerin dan belajar kewirausahaan memiliki keahlian yang mumpuni, namun pemikiran mereka masih sebagai seorang pekerja, bukan sebagai pelaku usaha. Pemerintah diharapkan lebih giat menciptakan pemikiran kepada lulusan SMK bahwa mereka dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri seperti sebagai pelaku usaha.

Full Text:

PDF

References

Aprilianty, E. (2012). “Jurnal Pendidikan Vokasi”. Pengaruh Kepribadian Wiraush, Pengetahuan Kwirausahaan, dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. 2, (3), 311-324.

Arisadi, A. dan Suparji. (2013). “Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan”. Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kompetensi Siswa SMKN 1 Sidoarjo. 3, (1), 1-9.

Arnawa, I.K. (2012). Determinasi Latihan Kerja, Kompetensi Kewirausahaan dan Bimbingan Karier Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK.

Berk, L.E. (2008). Infas, Children, and Adolscent (6th Ed). USA: Pearson.

Djuwita, Efriyani. 2004. Memilih dan Mencari Kerja Sesuai dengan Bakat dan Kepribadian. Jakarta: Kawan Pustaka.

Hasan, B. dan Setiadji. (2010). Cara Praktis Membangun Wirausaha. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Jones, B. D. et al. (2010). “Journal of Engineering Education”. An Analysis of Motivation Constructs with First-Year Engineering Students: Relationships AmongExpextancie, Values, Achievement, and Career Plans. 99, (4), 319-336.

Katz, J.A., & Green, R.P. (2009) Entrepreneurship A Wealth-creation and Value- adding Process. Singapura: Prentice Hall.

Kolb, D.A. (2014). Experiental Learning: Experience as the Source of Learning and Development. USA: Pearson Education, Inc.

Kurniasari, D. dan Gatot Isnani. (2015). “Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen”. Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. 1, (1), 34-40.

Nurharjadmo, W. (2008). “Spirit Publik”. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan. 4, (2), 215-228.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.