Efektivitas Pembelajaran Saintifik dengan Model STAD Ditinjau dari Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar

Rio Naviano, Danar Susilo Wijayanto, Nyenyep Sriwardani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Efektivitas pembelajaran saintifik dengan model kooperatif STAD ditinjau dari peningkatan motivasi belajar peserta didik. 2) Efektivitas pembelajaran saintifik dengan model kooperatif STAD ditinjau dari peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi sistem kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu
dengan desain pretest-posttestcontrol group. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran saintifik dengan model pembelajaran STAD dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Pengambilan data motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan metode angket, prestasi belajar aspek kognitif menggunakan tes dan prestasi belajar aspek afektif menggunakan angket. Analisis datamenggunakan uji-t dilakukan terhadap hasil angket motivasi belajar, serta terhadap nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 2,424 > 1,666 dengan nilai p-value sebesar 0,018 < 0,05 yang berarti bahwa penggunaan pembelajaran saintifik dengan metode STAD memberikan dampak yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan tingkat
efektivitas peningkatan sebesar 4,76%.(2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 4,417 > 1,666 dengan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa penggunaan pembelajaran saintifik dengan metode STAD memberikan dampak yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik, dengan tingkat efektivitas peningkatan sebesar 7,34%.

Refbacks