PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORK PREPARATION SHEET (WPS) TERHADAP PROSES PENGERJAAN DAN AKURASI HASIL PRAKTIK MEMBUBUT PADA MATA KULIAH PRAKTIK PEMESINAN PTM FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Abdul ‘Alim, Danar Susilo Wijayanto, Nyenyep Sri Wardani

Abstract

Rendahnya kesadaran tentang pentingnya persiapan praktik menimbulkan permasalahan pada saat praktik maupun hasil praktik yang kurang maksiml. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Work Preparation Sheet (WPS) terhadap proses pengerjaan dan akurasi hasil praktik membubut. Work Preparation Sheet (WPS) merupakan media pembelajaran yang isinya berupa langkah pengerjaan benda kerja sesuai jobsheet. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design.Penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling.Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes yang berupa hasil praktik membubut untuk akurasi hasil praktik dan lembar amatan untuk proses pengerjaan. Analisis data menggunakan teknik statistik uji-t dengan perhitungan manual. Hasil penelitianmenunjukkan proses pengerjaan kelas eksperimen memperoleh rerata sebesar 87,75 dibandingkan dengan kelas kontrol memperoleh rerata sebesar 85,48.Pencapaian nilai akurasi hasil kerjapada kelas eksperimen memperoleh rerata sebesar 87,24 dibandingkan dengan kelas kontrol memperoleh rerata sebesar 83,87. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) Analisis nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol pada variabel proses pengerjaan didapatkan selisih rerata sebesar 2,27 dan variabel akurasi hasil sebesar 3,37, hasil ini menunjukkan adanya efektifitas penggunaan media pembelajaran Work Preparation Sheet (WPS) pada praktik membubut mahasiswa PTM FKIP UNS.  (2) Pencapaian nilai maksimal( ≥ 90 = A) pada praktik membubut poros dan ulir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata kuliah praktik pemesinan PTM FKIP UNS, yaitu pada variabel proses pengerjaan kelas eksperimen di capai oleh 9 mahasiswa (27%) dan pada variabel akurasi hasil kelas eksperimen dicapai oleh 9 mahasiswa (27%).

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORK PREPARATION SHEET (WPS)

TERHADAP PROSES PENGERJAAN DAN AKURASI HASIL PRAKTIK MEMBUBUT PADA MATA KULIAH PRAKTIKPEMESINAN PTM FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET

References

Anitah, Sri. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Inti Media.

Indriawan, A.T. (2013). Pengaruh Penggunaan Work Preparation Sheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Membubut pada Mata Diklat Praktik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Diperoleh 25 Januari 2015 dari http://core.ac.uk/download/pdf/11067090.pdf.

Mutiara, Ira. (2004). Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Teknis Pengukuran dan Pemetaan Kota. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Nagare, Hemant Daulat. (2007). Machine Shop Production Planning. Mumbay: Welingkar Institute of Management Development & Research.

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.

Sadiman S, Arief. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Cetakan 1. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Muhtiadi. (2011). Pengaruh Media Work Preration Sheet terhadap Prestasi Belajar pada Standar Kompetensi Menggunakan Perkakas Tangan di SMK Negeri 2 Wonosari. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Diperoleh 25 Januari 2015 dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/6082/89/663.

Widarto. (2009). Teknik Pemesinan Jilid 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Yamin M dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.