Pengaruh Campuran Bahan Bakar dengan Variasi Jumlah Lilitan pada Pemanasan Premium dan Etanol

Firdaus Doni Saputra, Husin Bugis, Danar Susilo Wijayanto

Abstract

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui kadar CO yang paling rendah dari proses pemanasan campuran bahan bakar dengan variasi jumlah lilitan. Bahan bakar yang dicampur adalah premium dan etanol dengan presentase etanol 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Jumlah lilitan yang divariasi mulai dari 1, 2, dan 3 lilitan. Pemanasan dilakukan dengan cara pipa tembaga di selipkan diantara sirip-sirip blok silinder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kadar CO yang rendah pada presentase etanol 25% dengan variasi 2 lilitan pipa tembaga. Kadar CO yang dihasilkan pada penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.

References

Angger, R.T. (2011). Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Bansin melalui Pipa Kapiler di dalam Upper Tank Radiator dan Putaran Mesin terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Mesin Daihatsu Taruna CX Tahun 2000. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Bambang, S., Jayan, S., & Adhi, S. (2009). Pemanfaatan Etanol sebagai Octane Improver Bahan Bakar Bensin pada Sistem Bahan Bakar Injeksi Sepeda Motor 4 Langkah 1 Silinder. Diperoleh 20 Juni 2014, dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Bambang%20Sulistyo,%20S.Pd.,%20M.Eng./BS-20090721%20-%20Pemanfaatan%20Etanol%20Proceeding%20Thermofluid%202009.pdf

Bioenergi Alternatif. (2011). Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Dampak Emisi Kendaraan Bermotor dan Lainnya. (2014). diperoleh 25 Januari 2014, dari http://dishub.pemkomedan.go.id/berita-40-dampak-emisi-kendaraan-bermotor-dan-lainnya.html

Ebenezer, Ferdianan, dkk. (2006). Paper Kebijakan Energi: Pengaruh Bahan Bakar Transportasi terhadap Pencemaran Udara dan Solusinya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Fardiaz. S.(1992). Polusi Air dan Udara. Yogyakarta: Kanisius.

Fintas, A. A.,Bambang, S., & Wahyunanto, A. N. (2013). Uji Performansi Motor bakar Bensin (On Chassis) Menggunakan Campuran Premium dan Etanol. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. 1 (3). 194-203. Diperoleh 18 Maret 2014, dari http://jkptb.ub.ac.id/index.php/jkptb/article/download/145/131

Harper & Row. (1985). Principles of Heat Transfer Third Edition. Arko Prijono M. Sc. Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan 1973)

Intruksi Presiden No. 1. (2006). Tentang Penyediaan dan Pemanfaatan BNN

Joko, W. (2011). Studi Eksperimental Pengaruh Penambahan Bioetanol pada Bahan Bakar Pertamax terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin (Versi elektronik). JURNAL TEKNIK, 1 (1). Diperoleh 19 Februari 2014, dari http://jurnalteknik.janabadra.ac.id.

Keputusan Presiden. (2006). Tentang Tim Nasional Pengembangan BBN untuk Percepatan Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran.

Mohammad, I., Sudibyo, C., & Karno, MW. (2012). Pengaruh Penggunaan Coil Booster, Penambahan Metanol dalam Premium dan Variasi Putaran Mesin terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC pada Yamaha Mio Sporty Tahun 2007. Skripsi Tidak Dipublikasikan, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Muhammad, M.M. (2013). Pengaruh Berbagai Macam Campuran Ethanol Absolute dan Premium terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Vario 2010. JTM. 1 (2), 196-205. Diperoleh 23 Juni 2014, dari ejournal.unesa.ac.id/article/1773/71/article.pdf

Peraturan Perundang-undangan nomor 21. (1997). Tentang Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Sastra, N., Budiarsa, S., & Suarna (2009). Pengaruh Nilai Oktan Bahan Bakar dan Putaran Mesin pada Kendaraan Bermotor terhadap Karakteristik Emisi Gas Buang. ECOTROPHIC. 4 (2), 73-79. Diperoleh 24 Juni 2014, dari http://ojs.unud.ac.id/index.php/ECOTROPHIC/article/view/2522

Siddegowda, K. B., & Venkatesh, J. (2013). Performance and Emission Characteristics of MPFI Engine by using Gasoline – Ethanol Blends (Versi elektronik)., International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology 2 (9), 4891-4897. Diperoleh 18 Maret 2014, dari http://www.desenvolvimento.gov.br/arquivos/dwnl_1399905292.pdf

Suparyanto, Karno, MW. & Basori (2013). Analisis Penggunaan XPower dan Variasi Campuran Bahan Bakar Premium – Etanol terhadap Kadar Emisi Gas Polutan CO dan HC pada Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2009. Diperoleh 23 Juni 2014, dari eprints.uns.ac.id/1139/1/1839-4141-1-SM.pdf

Yolanda, J.L. (2011). Pengaruh Campuran Bahan Bakar Bensin dan Etanol terhadap Prestasi Mesin Bensin. ARIKA. 5 (2), 137-146. Diperoleh 25 Juni 2014, dari http://paparisa.unpatti.ac.id/paperrepo/ppr_iteminfo_lnk.php?id=134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.