Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Dan Penambahan Biodiesel Terhadap Torsi Dan Daya Mobil Diesel Mitsubishi L300

Fuadillah Pangestu, Danar Susilo Wijayanto, Ngatou Rohman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi dan daya Mobil Mitsubishi L300. Variasi pipa bersirip persegi dengan jarak antar sirip 10 mm, 20 mm, dan 30 mm dan variasi campuran bahan bakar solar dengan komposisi biodiesel 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel 10% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip persegi 20 mm. (2) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel 10% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip persegi 20 mm.

References

Arif Setyo Nugroho. (2015). Pengaruh Campuran Metanol terhadap Prestasi Mesin, Teknik Mesin Akademi Teknologi Warga, Surakarta.

Basyirun, Winarno, Karnowo. (2008). Mesin Konversi Energi. Buku Ajar. Semarang: PKUPT UNNES.

Faizin. R, Ranto, Rohman. N. (2013). Pengaruh Penggunaan Elektroliser Air dan Pemanasan Bahan Bakar Bensin melalui Pipa Kapiler Bersirip Transversal Profil Persegi di dalam Upper Tank Radiator terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Mesin Toyota Kijang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Mesin NOSEL, 2 (1): 3-5.

Gaikindo. (2016). Pasar Mobil Domestik 2016 Berpeluang Naik. Diperoleh 3 Maret 2016 dari http://www.gaikindo.or.id/gaikindo-pasar-mobil-domestik-2016-berpeluang-naik-5/.

Irawan, I. (2007). Dinamometer. Universitas Negeri Surabaya.

Kholil. (2013). Pengertian Dynamometer. Diperoleh pada 13 Maret 2016, dari http://aki--dartaq.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-dynamometer.html.

Republik Indonesia. (2006). Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2006 Tentang Kebijakan Energi Nasional. Jakarta: Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Hukum.

Sidjabat, O. (2013). Pengaruh Teknik Pencampuran Biodiesel dengan Metode Splash (Pencemplungan) terhadap Unjuk Kerja Kendaraan Bermesin Diesel. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”.

Sinaga, N., Dewangga, S. (2012). Pengujian dan Pembuatan Buku Petunjuk Operasi Chassis Dinamometer Tipe Water Brake. Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sudik. (2013). Perbandingan Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel Satu Silinder dengan Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar dan Variasi Campuran Bahan Bakar Solar, Minyak Kelapa dan Minyak Kemiri. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sukarno. (2012). Studi Pengaruh Pencampuran Aditif terhadap Viskositas Biodiesel pada Suhu Rendah. Masters Thesis, Program Pasca Sarjana Undip.

Wiratmaja, I.G. (2010). Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakram, Universitas Udayana Bali Vol. 4 No.1. April 2010 (16-25).

Yahya, M.T. (2014). Menghitung Torsi dan Daya. Diperoleh pada 13 Maret 2016, dari http://esemkaindonesia.blogspot.co.id/2014/05/menghitung- torsi- dan-daya-mesin.html.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.