EVALUASI PROGRAM DIKLAT KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Context, Input, Process dan Product penyelenggaraan program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR. Pendekatan adalah kualitatif dengan evaluatif dengan model CIPP. Teknik Pengumpulan data menggunakan Studi dokumen dan validasi data menggunakan Focus Groups Discussion. Analisis data kualitaif meliputi: koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada evaluasi Context, adanya kesenjangan kompetensi hasil pembelajaran di SMK dengan kompetensi standar industri, (2) Pada Evaluasi Input, Desain Program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR terbukti mampu menjawab kebutuhan akan perlunya suatu program yang menjembatani kesenjangan antara kompetensi hasil pembelajaran di SMK dengan kompetensi standar industri, (3) Pada aspek Process, Program Diklat Kompetensi plus telah berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada walaupun masih ada kendala kendala yang dihadapi. (4) Pada aspek Product, Program Diklat Kompetensi plus telah menghasilkan peserta diklat yang kompeten dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. Kendala kendala diatasi dengan strategi strategi yang dimiliki oleh BPDIKJUR sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar program diklat kompetensi plus dilanjutkan dengan penyempurnaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.