Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi PTIK FKIP UNS dalam Penyelesaian Masalah dengan Pemrograman

Dwi Maryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaian permasalahan dengan Pemrograman. Langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya adalah memahami permasalahan (understand the problem), menyusun rencana penyelesaian (devising a plan), melaksanakan rencana penyelesaian (carrying out the plan), dan memeriksa kembali penyelesaian (looking back).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan populasi adalah mahasiswa semester 3 Prodi PTIK FKIP. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan pendekatan snowball, di mana sampel diambil satu persatu untuk mendapatkan data mengenai kesulitan mahasiswa dalam menerapkan langkah penyelesaian masalah dengan Pemrograman. Pengambilan sampel berhenti jika data yang diperoleh sudah jenuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa adalah sebagai berikut. Pada tahap memahami permasalahan, terdapat mahasiswa yang tidak mampu menrjemahkan masalah yang diberikan dengan bahasa pemrograman, seperti menurunkan variabel dan tipe data yang dibutuhkan. Dalam proses design, banyak mahasiswa yang tidak menuliskan rancangan program baik dalam flowchart, pseudocode maupun bahasa natural. Banyak di anatara mereka yang langsung menuliskan kode program tanpa merancang algoritmanya terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena dalam soal tidak diperintahkan untuk membuat algoritma terlebih dahulu dan beberapa siswa tidak terbiasa menuliskan algoritma sebelum koding. Dalam tahap writing, beberapa masih kurang menguasai sintaks sehingga terhambat dalam proses penyelesaian masalah. Dalam tahap review kesulitan yang dihadapai adalah kurangnya penguasaan debugging, baik untuk membenarkan kesalahan penulisan maupun kesalahan logika atau algoritma.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.