Tanggung Jawab Pengusaha Jasa Boga pada Keamanan Makanan

Saptariana Saptariana

Abstract

Usaha Jasa Boga adalah usaha yang bergerak dibidang layanan penyediaan makanan dan minuman bagi konsumen. Adanya penyelenggaraan makanan oleh usaha jasa boga akan membawa dampak positif berupa penyediaan lapangan kerja dan layanan penyediaan makanan bagi konsumen. Selain dampak positif ada juga dampak negatif, dimana jika tidak hati-hati dalam mengolah makanannya akan menyebabkan kerugian bagi yang memakan masakan tersebut, seperti penyebaran penyakit dan keracunan yang diakibatkan oleh keamanan makanan yang tidak terjaga karena tercemar oleh bakteri/mikro organisme penyakit.

Makanan yang aman adalah makanan yang keadaannya bebas dari resiko kesehatan yang disebabkan oleh kerusakan, pemalsuan dan kontaminasi baik oleh mikroba ataupun senyawa kimia, serta harus memenuhi persyaratan kesehatan. Persyaratan keamanan pangan yang akan dikonsumsi konsumen tersebut semestinya menjadi persyaratan pertama yang harus dipenuhi sebelum mempertimbangkan persyaratan yang lainnya.

Hal yang menyebabkan terjadinya pencemaran makanan antara lain: penanganan makanan tidak dilakukan dengan mengindahkan syarat-syarat kebersihan, alat-alat yang digunakan untuk menyiapkan, mengolah, memasak dan menyajikan makanan tidak dibersihkan sebagaimana mestinya, ataupun makanan dibiarkan terlalu lama di lingkungan yang temperaturnya memungkinkan mikro organisme berkembang biak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.