Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Diajar Dengan Model Snowball Throwing dan Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Di SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar Pemodelan Perangkat Lunak antara model Snowball Throwing dengan Numbered Head Together, dan (2) perbedaan keefektifan antara model Snowball Throwing dengan Numbered Head Together terhadap prestasi belajar Pemodelan Perangkat Lunak pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acak. Sampel penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Karanganyar kelas XI RPL pada dua kelas yang didapat dari hasil sampling acak yang berjumlah 33 dan 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova satu jalan dan anakova satu jalan yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar dengan Snowball Throwing dengan Numbered Head Together, (2) tidak ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Numbered Head Together terhadap prestasi belajar Pemodelan Perangkat Lunak pada siswa SMK.
Refbacks
- There are currently no refbacks.