Penerapan Metode STAD Berbasis Media Video Pembelajaran Menggambar Bangunan Gedung Pada Sekolah Kejuruan

Abdul Haris Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Autocad dengan menerapkan media pembelajaran autocad dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), (2) meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Autocad dengan menerapkan media pembelajaran autocad dengan model kooperatif tipe STAD, (3) meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran Autocad dengan menerapkan media pembelajaran autocad dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode action research. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi permasalahan di kelas pada tahap prasiklus. Siklus I dimulai dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan media pembelajaran CAD dengan model kooperatif tipe STAD, pada siklus pertama hasil belajar siswa belum optimal sehingga berdasarkan refleksi diputuskan untuk melakukan tindakan lagi pada siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran CAD dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan : (1) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Autocad dengan ketuntasan pra siklus 52%, siklus pertama 78%, siklus ke dua 91%; (2) meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Autocad dengan ketuntasan pra siklus 57%, siklus pertama 65%, siklus ke dua 87%; (3) meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran Autocad dengan ketuntasan pra siklus 48%, siklus pertama 57%, siklus ke dua 83%;  

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.