Studi Eksperimental Unjuk Kerja Motor 4 Langkah dengan Variasi Diameter Venturi Karburator Pe 28 dan Penambahan Power Jet
Abstract
Berkembangnya kompetisi balap dragbike di Indonesia mendorong akan kebutuhan teknologi untuk diaplikasikan dalam motor yang digunakan. Salah satu faktor yang mempengaruhi teknologi yang digunakan di kompetisi dragbike adalah karburator yaitu diamter venturi dan diameter orifice karburator. Tujuan dan target yang ingin dicapai dari penelitian modifikasi diameter venturi karburator PE 28 dengan penambahan power jet yaitu untuk mengetahui pengaruh besar nilai diameter venturi terhadap asupan bahan bakar motor, mengetahui nilai tekanan vakum dan putaran mesin yang dapat digunakan untuk mengaktivasi penggunaan komponen tambahan power jet, dan mengetahui luaran daya, torsi serta konsumsi bahan bakar spesifik. Tahapan penelitian untuk mencapai tujuan dan target adalah studi literatur meliputi mencari referensi dan mempelajari kepustakaan mengenai penelitian, tahap perencanaan meliputi mencari bahan dan komponen pendukung penelitian serta menyusun konsep power jet, tahap pelaksanaan penelitian meliputi waktu penelitian, proses pembuatan 3 prototype, dan pengujian prototype dengan alat dynotest. Tahap terakhir penelitian adalah penyusunan artikel hasil penelitian berupa pembahasan dan kesimpulan. Hasil penelitian prototype yang diuji antara lain karburator diameter venturi 28 mm mencapai torsi maksimal 13,41 Nm dan daya 15,39 kw. Diameter venturi 30 mm dengan torsi 13.77 Nm dan daya 15.83 kw. Diameter venturi 32 mm dengan torsi 13.95 Nm dan daya 16.03 kw.
Refbacks
- There are currently no refbacks.