KEMAMPUAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU PADA MAHASISWA KEGURUAN SEMESTER ENAM DALAM PERSIAPAN PRAKTEK MENGAJAR LAPANGAN (PPL)

Yubali Ani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Kompetensi Mengajar Guru (disingkat KKMG seterusnya) pada mahasiswa keguruan pada semester enam yang akan melakukan praktek mengajar lapangan (disingkat PPL seterusnya) selama empat bulan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kemampuan kompetensi mengajar guru khususnya pada mahasiswa guru semester enam setelah mengikuti mata kuliah Pedagogi.

Teknik pengumpulan data yang digunakan pada proses ini adalah menggunakan kuisioner yang dilakukan sebanyak dua kali. Subjek adalah 50 mahasiswa keguruan Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar semester enam Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan kompetensi mengajar guru pada mahasiswa semester enam sudah baik. Di mana kemampuan kompetensi mengajar guru yang harus sudah dimiliki oleh mahasiswa antara lain: 1) Pemahaman terhadap peserta didik secara mendalam; 2) Kemampuan pedagogis; 3) Kemampuan melaksanakan pembelajaran; 4) Mengemukakan melalui kesanggupannya; 5) Memotivasi peserta didik. Kesimpulannya adalah mahasiswa keguruan harus memiliki KKMG yang sangat baik, sehingga dapat diterapkan secara maksimal ketika praktek mengajar lapangan (PPL).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.