PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TELAAH KURIKULUM MAHASISWA PROGRAM STUDI PKK

Asih Kuswardinah

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan meningkatkan jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai B ke atas, dan menurunkan jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah B,  pada mata kuliah telaah kurikulum mahasiswa program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (UNNES).

            Kegiatan penelitian  dilakukan di FT- UNNES, program studi PKK khususnya konsentrasi pendidikan tata boga. Jumlah mahasiswa satu kelas 45 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengimplementasikan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, menurut tingkat eksplanasinya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif persentase karena hanya untuk mengetahui jumlah mahasiswa yang mendapat nilai dibawah B, dan jumlah  mahasiswa yang mendapat nilai di atas B pada mata kuliah telaah kurikulum tahun ajaran 2012.

            Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus kedua, jumlah mahasiswa yang mendapat nilai B keatas sebesar 62%  ; dan jumlah mahasiswa yang mendapat nilai di bawah B sebesar 38% . Pada siklus pertama, jumlah mahasiswa yang mendapat nilai B ke atas sebesar 55%; dan jumlah mahsiswa yang mendapat nila di bawah B sebesar 45 %.

            Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa , ada peningkatan persentase jumlah mahasiswa yang mendapat nilai di atas B; sebaliknya ada penurunan jumlah mahasiswa yang mendapat nilai di bawah B. Disarankan bagi dosen pengampu mata kuliah telaah kurikulum khususnya prodi PKK, dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, lebih memperhatikan komposisi anggota dan pemilihan ketua dalam kelompok, serta melakukan observasi secara merata pada  pelaksanaan diskusi kelompok.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.