Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pelajaran Solidworks bagi Siswa Prakerin SMK Warga Surakarta

Wiwi Wulan Sari, Herman Saputro, Indah Widiastuti

Abstract

Permasalahan siswa pada mata pelajaran SolidWorks, khususnya dalam menggambar benda nyata menjadi gambar kerja di SMK Warga Surakarta. Perlu mendapatkan solusi pemecahan masalah karena, mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan Metode Proyek. Penerapan Metode Proyek ini dalam kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa suatu tugas dalam waktu tertentu secara individu atau kelompok dengan menggunakan unit sehari-hari sebagai sumber belajar. Objek penelitian ini adalah siswa Prakerin SMK Warga Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data prestasi belajar siswa dilaksanakan dengan teknik observasi dan tes unjuk kerja dalam memperoleh data peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan Analisis hasil observasi siswa menggunakan hasil rata-rata sedangkan analisis hasil belajar siswa juga menggunakan rata-rata dari hasil belajart. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, Terjadi peningkatan pada siklus I di bandingkan dengan pra siklus. Kedua, pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih signifikan lagi hingga mencapai target ialah 80%. Ketiga, perbandingan antara pra siklus dan siklus 1 di dapat peningkatan yang cukup besar yaitu yang awalnya 36,1% meningkat menjadi 77,77% pada siklus I sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi siswa lebih meningkat lagi yaitu mencapai 94,44%. Hal ini menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Keempat, pengaruh metode proyek ini pada proses pembelajaran sangat terlihat pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Meski pada siklus I hanya sebagian siswa yang aktif namun pada siklus II bisa dikatakan semua siswa aktif, baik dalam berdiskusi, mengerjakan tugas dan yang paling terlihat ialah tanggung jawab siswa terhadap proyek mereka.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2010) PROSEDUR PENELITIAN Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Elaine, B. J. (2008). Contextual teaching and learning (terjemahan ibnu setiawan). Bandung: MIC

Hamid, M. S. (2011). Metode EDU Tainment. Jogjakarta: DIVA press.

I.Lpasaribu dan B. simanjuntak. 1983. Proses belajar mengajar. Bandung: Tarsito

Supriadie, D. & Dermawan, D. (2012) komunikasi pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.