Analisis Green Building Gedung Utama Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta Dengan Metode Greenship

Tunggal Ramdhani, Taufiq Lilo Adi Sucipto, Eko Supri Murtiono, Ahmad Farkhan

Abstract

Green building merupakan suatu konsep bangunan yang memperhatikan prinsip lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, kesehatan dan kenyamanan pengguna gedung maupun masyarakat sekitar gedung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana tingkat green building Gedung Utama Rumah Sakit UNS, dengan cara melakukan survey langsung ke lapangan dengan berpedoman pada kriteria standar Greenship Existing Building Version 1.1. Penelitian hanya dilakukan pada kriteria aspek Appropriate Site Development (ASD) yang memiliki 7 sub kriteria dengan poin maksimal 16 poin. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan teknik sampling purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis perhitungan sederhana yang menghasilkan persentase ketercapaian pada aspek Appropriate Site Development (ASD). Hasil penelitian menunjukkan persentase sebesar 81,25% dengan poin yang diperoleh sebanyak 13 poin pencapaian rating, dapat disimpulkan bahwa terlihat Gedung Utama Rumah Sakit UNS pada pemenuhan aspek Appropriate Site Development (ASD) Greenship sudah memenuhi beberapa sub kriteria akan tetapi masih ada juga beberapa sub kriteria yang belum terpenuhi.

 

 

Kata Kunci: Appropriate Site Development (ASD), greenship, green building.

Full Text:

PDF

References

Badan Standardisasi Nasional. (2002). Standar Nasional Indonesia 03-2453-2002 Tata Cara Perencanaan Teknik Sumur Resapan Air Hujan Untuk Lahan Pekarangan. Jakarta Selatan. Badan Standardisasi Nasional.

Direktorat Jenderal Penataan Ruang. (2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/PRT/M/2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan. Jakarta Selatan. Departemen Pekerjaan Umum.

Menteri Pekerjaan Umum. (2006). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 30/PRT/M/2006 Tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. Menteri Pekerjaan Umum.

Green Building Council Indonesia. (2010). Press Release Penandatanganan Kejasama Kemitraan Ikatan Arsitek Indonesia – Konsil Bangunan Hijau Indonesia. Jakarta, Green Building Council Indonesia.

Yudono, J.(2015). Sebelum Hutan Menjadi Kenangan, [Online], Diakses di: http://nasional.kompas.com/read/2015/03/21/11422271/SebelumHutan MenjadiKenangan/ [2 November 2017].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.