Implementasi Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teknik Kejuruan Penggunaan Sosial Media Sebagai Pemicu Motivasi Belajar

Fitria Tahta Alfina

Abstract

Pendidikan Teknik kejuruan sangat berperan aktif dalam dalam meningkatkan mutu kualitas tenaga kerja taraf masyarakat. Kemajuan teknologi pada era globalisasi juga bisa berdampak pada pengembangan mutu kualitas sekolah menengah kejuruan.  Pendidikan kejuruan dengan menggunakan teknologi iptek dapat mengikatkan mutu kualitas bergantung pada masing-masing individu, perkembangan teknologi berdampak positif dan negatif. Dampak positif dari perkembangan iptek yaitu dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kualitas keterampilan tenaga kerja lulusan PTK.Sosial media akhir-akhir ini menjadi sebuah fenomena tersendiri. Adanya dampak glοbalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi menyebabkan pendidikan teknolοgi dan kejuruan dinilai masih belum optimal dalam menyediakan sumber daya manusia sebagai tenaga kerja. Sosial Media bisa dioptimalkan untuk unjuk kinerja guru dalam menyajikan berbagai persoalan dan pernak-pernik dunia pendidikan, sehingga mesin pencari makin ramah terhadap masalah-masalah pendidikan. Pemanfaatan  internet untuk berbagai keperluan kini sudah mulai meningkat di  Indonesia.  Hal  ini  terbukti,  pengguna  internet  di  Indonesia  sejak  tahun  1998 hingga 2004 meningkat hingga 67,79  % tiap tahunnya. Kemajuan dan keragaman media publikasi memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar kapan saja, dimana saja, dengan cara apa saja, dan dari siapa saja. Oleh karenayan, dalam hal-hal tertentu peserta didik memiliki informasi yang lebih baik daripada gurunya. Sekolah dapat memanfaatkan penggunaan media sosial untuk Menyebarkan informasi yang berkaitan dengan sekolah atau kelas melalui twitter atau facebook. Melalui sosial media Guru-guru dapat membagikan bahan-bahan pelajaran dan tugas-tugas melalui sosial media tersebut, Murid-murid juga dapat menuliskan tugas-tugas mereka di sosial media..

Kata Kunci : Teknologi Pendidikan, Sosial Media, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Dyrenfurth, Michael, J. (1984). Literacy For A Technological World. The Ohio State University. Columbus. Ohio. National Center For Research In Vocational Education.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi Dankomunikasi Dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta : Diva Press.

Jamaludin Harun Dan Tafsir Zaidatun, 2003, Multimedia Dalam Pendidikan, Kuala

Lumpur: Venton Publishing.

Kementerian Pendidikan Nasional. Teropong Wajah Sekolah Menengah Kejuruan Di Indonesia. Jakarta, 2006

Siti Mariah (2006). Pengembangan Guru Teknologi Dan Kejuruan Berkarakter Teknologi. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Pengembangan Profesi Guru Berbasis Moral Dan Kultur, Pada Tanggal 11 Mei 2006 Di Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanafi,Ifan.2104..Pendidikan Teknik Dan Vokasional: Menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National Di Negeri Jiran, Dari Konsep Hingga Implementasi.Grup Prenerbitan CV Budi Utama:Sleman

Ali,Mohammad.2009.Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi.Jakarta:Grasindo

Ibrahim, Idi Subandy, 2011, Kritik Budaya Komunikasi, Yogyakarta, Jalasutra.

Setyani,Noviaika.2013.Penggunaan Sosial Media Sebagai Sarana Komunitas Bagi Komunitas (Studi Deskriptif Prnggunaan Media Soaial Twitter, Facebook, Dan Blog Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Akademi Berbagi Surakarta. Surakarta

Ayun, Primada Qurrota. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Program studi Ilmu Komunikasi : Universitas Ahmad Dahlan

Rismana, Aida, dkk.(2016) Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Pendidikan Geografi : Universitas Lampung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.