Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Maket Kuda-Kuda Sistem Bongkar Pasang Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III

Taufiq Shidqi Romadloni, Chundakus Habsya, A.G. Tamrin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis alat peraga yang dapat dibongkar pasang untuk Mata kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis alat peraga bongkar pasang pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD), dengan melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis alat peraga bongkar pasang. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan studi lapangan/observasi dan studi literature/pustaka, (2) Tahap pengembangan dilakukan dengan cara yaitu: merancang produk media pembelajaran; menyusun instrument penilaian; melakukan validasi instrument penilaian; validasi produk oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran; memperbaiki hasil validasi produk; melakukan uji coba terbatas terhadap 6 mahasiswa angkatan 2014 PTB FKIP UNS dan uji coba luas terhadap 50 mahasiswa angkatan 2014 PTB FKIP UNS, serta mengevaluasi produk, (3) Tahap evaluasi merupakan tahap final pengembangan media pembelajaran yang berbentuk model hipotetik alat peraga bongkar pasang. Hasil penelitian dari penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,09 % yang dikategorikan sangat layak. Penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase sebesar 91,765 % yang dikategorikan sangat layak. Penilaian ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis alat peraga bongkar pasang sangat layak dengan persentase sebesar 93,571 %. Pada uji coba terbatas diperoleh persentase sebesar 63 % yang dikategorikan layak. Uji coba luas menyatakan media pembelajaran sangat layak dengan persentase sebesar 84,36 %.

 

Kata Kunci: alat peraga, kuda-kuda, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Anitah, Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian. Jakarta: Rajawali Pers.

Koesnandar, Ade. (2003). Teknodik. Pustekkom Depdiknas. Volume VII No.13.

Kustandi, Cecep. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Puspantoro, Benny. (1992). Konstruksi Bangunan Gedung Tidak Bertingkat. Yogyakarta: Andi Offset.

Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

, (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sundayana, Rostiana. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.