Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Teknik Menggerinda Siswa Kelas XI TM-A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Yohanes Berkmans Agung Tulirani, Yuyun Estriyanto, Basori Basori

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Menggerinda siswa kelas XI TM-A SMK Bhinneka Karya Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Mengggerinda kelas XI TM-A SMK Bhinneka Karya Surakarta dengan menerapkan model pembelajran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada kegiatan pengamatan prasiklus indikator keaktifan yang memenuhi target hanya 1 indikator, kemudian setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus 1 ada 2 indikator yang memenuhi target dan pada siklus 2 semua indikator memenuhi target. Sedangkan prestasi belajar siswa juga terjadi peningkatan dari nilai setiap tes. Pada prasiklus yaitu penerapan metode ceramah ketuntasan tes prestasi belajar 40,62%, kemudian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus 1 ketuntasan meningkat menjadi 53,12% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,37%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Menggerinda kelas XI TM-A SMK Bhinneka Karya Surakarta.

 

Kata Kunci : Keaktifan belajar, Teknik Menggerinda, Model Jigsaw, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Isjoni. (2009).Pembelajaran Kooperatif (Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik).Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Hamdani. (2011).Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia

Majid, Abdul (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaiful, Sagala (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabetha

Sugiyanto. (2009). Mode-model pembelajaran Inovatif . Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.