Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan pada Kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Veronika Marta Wora, Ranto Ranto, Nugroho Agung Pambudi

Abstract

Penulian artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar  mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan siswa  kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua silus dan setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT): (1) Dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta. (2) Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta.

 

Kata kunci: Keaktifan belajar, Prestasi belajar, Numbered Head Together (NHT)

Full Text:

PDF

References

Asmani, J.M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.

Basrowi & Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep, landaan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Fathurrohman Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.