Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun 2016/2017

Syukriadi Syukriadi, Yuyun Estriyanto, Herman Saputro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran teknik pemesinan pada siswa kelas X teknik pemesinan C SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta.  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proses penelitian terdiri dari 4 langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan), 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini antara lain keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa melalui tes, dan teknik non tes yaitu mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui lembar observasi yang sudah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari setiap siklusnya, terbukti dari hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa yang awalnya pada pra siklus persentase yang didapat  sebesar 33,48%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 64,55%, selanjutnya meningkat lagi menjadi 75,86%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningakatan, dari persentase awalnya sebesar 41,38%, kemudian pada siklus 1 54,20%dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,75%. Ini berarti rata-rata tersebut juga sudah mecapai indikator keberhasilan. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan kelas X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Metode Demontrasi, Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Pemesinan. 

Full Text:

PDF

References

Baharudin, dan Wahyu, E. W. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Elder, Linda. (2007). Our Concept of Critical Thinking. Foundation for Critical Thingking. Diakses pada tanggal 3 Maret 2017 melalui httt: //www.criticalthinking.org

Syah, Darwyn. (2007). Perencanaan Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Gaung Persada press.

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan dalam Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Winataputra, dkk. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.