Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Melalui Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Kelas X TMC SMK N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Sridayu Sridayu, Budi Harjanto, Nyenyep Sriwardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di Kelas X TMC SMK N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.  Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Selama kegitan berlangsung, dilakukan penilaian minat belajar siswa oleh 2 observer dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, sedangkan untuk penilaian prestasi belajar siswa diambil dari nilai post test siswa pada akhir sub materi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian memperoleh persentase minat belajar mengalami peningkatan dari  tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus hasil minat belajar siswa  adalah 41,4% meningkat pada siklus I menjadi 68,8% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Demikian pula pada persentase hasil prestasi belajar siswa, pada tahap pra siklus siswa yang dinyatakan lulus 11 siswa atau 34,4% sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus sebanyak 19 siswa atau 59,4% dan pada siklus II mengalami peningkatan 25% sehingga siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas pada siklus II sebanyak 27 siswa atau 84,4% dari 32 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perbandingan hasil tindakan antar siklus, dapat diketahui bahwa penggunakan model pembelajaran koopretif tipe Teams Games Tournamet (TGT) mampu meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci : pembelajaran koopretif, Teams Games Tournamet (TGT), minat belajar, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Wahyudin, Sutikno, & A. Isa. (2010) Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 59.

Isjoni, (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Daryanto, & Mulyo, R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava Media.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

ROIDA, E.F.S. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif , 2 (2), 124.

Yayat, S. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Region, Volume I. No. 2, 8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.