Respon Implementasi Model Pembelajaran “Wisata Lokal” Melalui Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan

Sriatun Sriatun, Ekohariadi Ekohariadi, Dwi Mei Heni, Umi Kulsum, Hanas Caturiansyah

Abstract

Model pembelajaran “Wisata Lokal” merupakan suatu model yang mendekatkan peserta didik dengan lingkungan sekitar atau potensi lokal daerahnya, dan sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013, sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar. Salah satunya adalah mengimplementasikan model pembelajaran “Wisata Lokal “ melalui Web pada materi statistika di kelas XII Teknik Komputer Jaringan. Pada saat proses pembelajaran di kelas ini, masih jarang siswa bertanya, dan kalau ditanya oleh guru kelihatan siswa ragu dan takut untuk menjawab. Di samping itu siswa merasa males mengikuti pembelajaran serta respon dalam kegiatan pembelajaran sangat rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  respon  implementasi  model pembelajaran “ Wisata Lokal “ terhadap hasil belajar  siswa  pada materi statistika. Penelitian ini dilakukan di kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKN 1 Sumberrejo-Bojonegoro. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara pemberian pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada materi statistika, respon siswa dan tes akhir  untuk melihat motivasi dan hasil belajar siswa pada materi statistika. Kemudian data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis).

 

Kata Kunci: Respon Siswa, web Pembelajaran “Wisata Lokal” dan Hasil Belajar 

Full Text:

PDF

References

Winaryati, E., Haryani, S., Iriyanto, S., & Faturrohman. (2015a). Define: Model Pembelajaran “Wisata Lokal” Berbasis Potensi. Prosding UPGRIS, tanggal 22 Agustus 2015. ISBN 978-602-99975-1

Winaryati, E., Haryani, S., Iriyanto, S., & Faturrohman. (2016). Implementation Of Learning Model "LOCAL TOURSM" Based Potential Of District Rembang. The 2nd International Seminar On Education Technology Prosding. Post Graduate Program UNNES May 25th 2016. ISBN: 978-602-74564-1-9

Sriatun, 2012 .Model dan Interaktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya Tesis tidak dipublikasikan Universitas negeri Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.