Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Praktik Kerja Bangku Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Siswa Kelas X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Shandy Alfians Lai, Muhammad Akhyar, Husin Bugis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatan keaktifan dan hasil praktik siswa kelas X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran prak­tik kerja bangku  dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dalam empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Uji va­liditas data dengan menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil praktik siswa. Keaktifan belajar secara klasikal meningkat dari 40% (14) siswa pada pratindakan menjadi 62,85%(22) siswa pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,85% (29) siswa pada siklus II. Peningkatan hasil praktik kerja bangku dapat dibuktikan pada pratindakan capaian ketuntasan hasil praktik sebesar 60%, meningkat menjadi 74,29% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 88,57% pada siklus II. Untuk nilai tertinggi, pada pratindakan sebesar 85 meningkat menjadi 89 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 92 pada siklus II. Pratindakan untuk jumlah siswa yang tuntas adalah 21 siswa, meningkat sebanyak 26 siswa pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 31 siswa  pada siklus II.

 

Kata Kunci: Tutor sebaya, Keaktifan, Hasil praktik kerja bangku, SMK Bhinneka Karya Surakarta

Full Text:

PDF

References

Purwanto, Ngalim. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Oemar, H. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Leighbody, Gerald B, and Kidd, Donald M. (1968). Methods Of Teaching Shop And Technical Subyects. New York : Delmar publishers.

Muntasir, M. Saleh. (1985). Pengajaran Terprogram. Jogjakarta: Karya Anda.

Sumantri.(1989). Buku Panduan Teori Kerja Bangku. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.