Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan A Smk Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Salaluddin Salaluddin, Ranto Ranto, Ngatou Rohman

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagi berikut : (1) Untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin pada siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin pada siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran Cooperatif Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta, hasil lembar amatan keaktifan dan hasil tes belajar siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta. Analisis data menggunakan analisis data diskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus  berulang. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut : (1) siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar pada pra-siklus sebesar 45,4%, pada siklus I siswa yang aktif sesuai kiteria leaktifan belajar mencapai 64,7%, siklus II siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar mencapai 82,3%. Penerapan model pembelajaran Cooperatif Group Iinvestigation, juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut : (2) siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM)  pada pra-siklus mencapai 42,1%, Siklus I siswa yang nilainya memenuhi kriteria  ketuntasan minimum (KKM) sebesar 62,1%, Siklus II siswa yang nilainya memenuhi kriteria  ketuntasan minimum (KKM) sebesar 84%.

 

Kata kunci : Cooperatif Group Investigation, keaktifan siswa, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Arikunto,S.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Aqib Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi pembelajaran Kontektual (Inovatif).Bandung:Yrama Widya.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta Rajawali Press.

Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta Rajawali Press.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta Rajawali Press.

Slavin E Robert. (2008). Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana,N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja.

Sudjan.N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto.(2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.