Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Pada Sekolah Menenggah Kejuruan.

Rudi D. Yawan, Suharno Suharno, Agung Pambudi Nugroho

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajarn praktik Pengelasan las listrik tentang materi teknik pengelasan las listrik dasar melalui metode tutor sebaya. penelitian ini adalah penelitian tindakan dikelas, yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, test, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknis analisis data menggunakan metode tutor sebaya yaitu analisis deskriptif komparatis dan kritis. Hasil penelitian diperolehnya  kesimpulan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik pengelasan dasar.

Kata Kunci: Kreativitas Dan Hasil Belajar Praktik Pengelasan, Metode Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

References

Abu ahmadi & widodo supriyono. 2004, psikologi belajar. Jakarta: rineka cipta.

Akrom. 2007. Penerapan metode tutor sebaya dalam upaya mengoptimalkan pembelajar KKPI. http://smkswadayatmg wordpress.com/2007/09/penerapan-metode-tutorsebaya-dalam-mengoptimalkan-pembelajaran-mata-pelajaran-kkpi/.

ALoke F Chow. 2009. The International journal of Peer Tutoring.http://jounal of peer tutoring.org/. Daniel muijs & david reynolds. 2008. Effective Teaching teori dan aplikasi. Yogyakarta: pustaka pelajar

Gary D. Borich. 1996. Effective Teaching Methods Third Edition. America: The University of Texas at Austin

Mujib, Fathul. 2012. Super Power Educating. Jogjakarta: Diva PressSitiatava. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Diva Press:Jakarta.

Munandar, utami. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat.

Jakarta: Rineka cipta.Susanto, A.(2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenada- media Group.

Selameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Slavin, Robert E (1995).

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung : Alfabeta

Suharsimi arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, Jakarta; PT Rineka Cipta

Suharsimi arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Aneka Cipta:Jakarta

Suyantno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoharjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Syaful bahri Djamarah. 2002. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.