Penerapan Pembelajaran Model Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Tm-B Smk N 5 Surakartata.2016-2017

Rizky Pratama Idris, Indah Widiastuti, Nyenyep Sri Wardani

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. (2) Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017 dengan penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta, hasil lembar amatan keaktifan dan hasil tes belajar siswa kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Prosedur penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, analisis, refleksi, tindakan, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut : (1) siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar pada pra-siklus sebesar 31,25%, pada siklus I siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar mencapai 53,12%, siklus II siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 84,38%..

 

Kata kunci : Tutor Sebaya (Peer Tutoring), keatifan siswa, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto. (1992). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Dimyati, dan Mudjiono, D. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamali Oemar. (2005). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara

Melvin L. Sibermen. (1996). Cara Belajar Aktif. Bandung: Nuansa Buana

Noor, Fauzia El Husnia. (2015). Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Melui Model Pembelajaran Peer Tutoring Dengan Reciprocal Teaching. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo

Nur Afifah. (2011). Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika untuk anak berkesulitan Belajar Kelas III A SD Negeri Kepatihan Suarakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Universitas Sebelas Maret

Ratno, H. (2007). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Ruseno Arjanggi dan Titin Suprihatin. (2010). Model pembelajaran teman tutor sebaya meningkatkan hasil belajar Berdasarkan Regulasi Diri. Skripsi Universitas Sebelas Maret

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grapindo Persada.

Sardiman. A.M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suhasini Arikunto. (1998). Penelitian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sukamto. (1995). Keaktifan Pembelajaran Siswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryo Subroto. (2002). Managemen Pendidikan Disekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyanto.(2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo

Tahir, M. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.