Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar siswa SMK pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Rina Harimurti, Ekohariadi Ekohariadi, Elizabeth Titiek Winanti

Abstract

Faktor-faktor yang  mempengaruhi prestasi belajar dapat digolongkan ke dalam dua hal, yaitu faktor internal yang bersumber pada diri siswa dan faktor eksternal yang bersumber dari luar diri siswa. Faktor internal antara lain intelegensi, perhatian, bakat, minat, motivasi sedangkan faktor eksternal bersumber dari lingkungan keluarga, kurikulum, proses belajar mengajar. Masing-masing faktor akan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK pada kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Terdapat empat variabel yaitu kemampuan awal siswa pada materi jaringan, keaktifan siswa, kemampuan teoritis siswa pada materi jaringan dan kemampuan psikomotorik siswa pada materi jaringan. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Pungging khususnya di Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Sampel yang diambil siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan  dengan cara pemberian tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada materi jaringan, aktifitas siswa dan tes akhir untuk melihat kemampuan teoritis dan psikomotorik siswa pada materi jaringan. Analisis data yang digunakan adalah Path Analisis. Path analisis adalah suatu teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang terjadi pada regresi berganda jika variabel bebasnya mempengaruhi variabel terikat tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. Variabel yang akan diuji adalah kemampuan awal siswa pada materi jaringan dan keaktifan siswa pengaruhnya terhadap kemampuan teoritis siswa dan kemampuan psikomotorik. Hasil dari penelitian ini bisa dijadikan bahan acuan untuk melihat faktor-faktor yang bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK.

 

Kata Kunci: kemampuan  awal keaktifan siswa, teoritis, psikomotorik

Full Text:

PDF

References

Alimuddin S Miru., (2009). Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar mata Diklat Instalasi Listrik Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 1, April 2009.

Muhibbin Syah., (2013). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-18.

Slameto., (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widhiaro, Wahyu, 2011, “Contoh Analisis Melalui AMOS – Ketika Mediator & Moderator dalam Satu Model” Fakultas Psikologi UGM.

http://www.tkjsmk.net/2014/08/struktur-kurikulum-2013-paket-keahlian.html diakses tanggal 3 November 2017 pukul 21.00 wib

www.scribd.com/doc/145770946/PEMBAHASAN-HASIL-OUTPUT-STRUCTIRAL-EQUATION-MODELLING-DENGAN-AMOS-20 diakses tanggal 2 November 2017 pukul 19.00 wib

Refbacks

  • There are currently no refbacks.