Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Card Sort Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Pada Siswa Kelas X Tma Smk Negeri 5 Surakarta

Nikodemus Ariyanto Lau, Yuyun Estriyanto, Husin Bugis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X TMA SMK Negeri 5 Surakarta pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan menggunakan metode active learning tipe card sort yang mengacu pada  model pembelajaran yang dikemukakan oleh Mel Silberman

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Surakarta yang subjeknya adalah siswa kelas X TMA dengan jumlah siswa 31 orang yang semuanya terdiri dari siswa laki-laki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari beberapa tahap dalam tiap siklusnya, yaitu (1) tahap perencanaan; (2) pelaksanaan penelitian; (3) pengamatan dan refleksi. Data peningkatan motivasi belajar siswa diambil dengan teknik observasi/pengamatan dan dokumentasi

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi belajar siswa kelas X TMA SMK Negeri 5 Surakarta meningkat, yaitu pada siklus I dengan tingkat motivasi 67,74% yang sebelumnya (pra siklus hanya sebesar 51,61%), pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,09%. Dari siklus I sampai siklus II tingkat motivasi belajar siswa meningkat sebesar 35,48%. Berdasarkan data hasil peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus II tersebut target peneliti sudah tercapai yaitu lebih dari 75% siswa termotivasi.

 

Kata Kunci: Active Learning, Card Sort, Motivasi Belajar, SMK, Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References

A. FatahYasin.(2008).Dimensi dimensi Pendidikan Islam.Malang: UIN Malang Press

Abraham, M. Maslow. (1996). Motivasi dan Kepribadian I (Teori Motivasi dan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta. PT.PBP

Baharudin dan Wahyuni, N,. (2007) Teori Belajar dan Tembelajaran. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikan Matematika

Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece (2012) Motivasi Dalam Pendidikan: Teori, Penelitian dan Aplikasi, Edisi ketiga Jakarta: PT INDEKS

HisyamZainidkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani

Kuandar (2013) Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarata: Raja Grafindo Persada.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa (2013) BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Pengembangan wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Mel Silberman (2009) Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif Yogyakarta:PUSTAKA INSAN MANDANI

Mel Silberman & Carol Auerbach. (2013). Active Training: pedoman praktis tentang teknik, desain, contoh kasus, dan kiat Bandung: NUSA MEDIA

Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Reaja Rosdakarya

Pat Hollingsworth & Gina Lewis. (2018). Pembelajaran aktif: meningkatkan Keasyikan kegiatan di kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Rusman, (2010). Model-model pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press

Suyono & Haiyanto (2011) Belajar Dan PembelajaranBandung: PT Remaja Rosdakarya Offset – Bandung

Sadirman (2012) Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Silberman, Mel. (2013). Pembelajaran Aktif. Jakarta: Indeks.

Uno (2016) TEORI MOTIFASI DAN PENGUKURANNYA Analisis di Bidang PendidikanJakarta: PT Bumi Aksara

Warsono dan Haryanto (2013). Pembelajaran aktive. Bandung: Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.