Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Work Based Learning pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar Bagi Siswa Kelas Xc Jurusan Teknik Pemesinan SMK Warga Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2016/

Nasrul Aidi, Muhammad Akhyar, Husin Bugis

Abstract

Tujun penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar siswa kelas XC SMK Warga Surakarta pada mata pelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Work Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua Siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penerapan model pembelajaran Work Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar siswa. Kreativitas pada prasiklus memperoleh 47% dan keterampilan belajar memperoleh 47%. Pada siklus I kreativitas memperoleh 73% dan keterampilan belajar memperoleh 71%. Pada siklus II kreativitas memperoleh 88%dan keterampilan belajar memperoleh 78%.  Penerapan model pembelajaran Work Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar dalam mata pelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar bagi siswa kelas XC SMK Warga Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

 

 

 

Kata Kunci: Work Based Learning, Kreativitas, Keterampilan Belajar, dan Mesin Frais.

Full Text:

PDF

References

Apriyanto, Dinar. 2013. Belajar Cepat: Canggih, Enak, Praktis, Asyik, Top. Bandung: Kaifa.

Cher, Teo Aik. 2013. Mengapa Harus Belajar Dengan Cerdas. Jakarta: PT Indeks PP.

Gie, The Liang. 1998. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pubib.

Hendra, Surya. 2013. Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Larasati, Rena. (2011) Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Belajar Siswa (studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas X SMK 4 Bandung Tahun Ajaran 2010/2011.

Skripsi pada PPB FIB UPI Bandung. Diakses pada tanggal [14 maret 2017].

Munandar Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, S.C.U. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Grasindo.

Munandar, S.C.U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 1988. Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bangung: Alfabeta.

Work-Based-Learning guide. 2002. Diakses pada tanggal 2 februari 2009, dari http://www.iowaworkforce.org/file/wlg02.pdf. Diakses pada tanggal [13 maret 2017].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.