Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Mesin Frais Kelas Xi Teknik Pemesinan SMK Murni 1 Surakarta

Muhammad Rafiqi, Suharno Suharno, Ngatou Rohman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan  model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran mesin frais siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Murni 1 Surakarta.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Teknik Permesinan yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Validitas data dengan mengkonsultasikan kepada guru mata pelajaran mesin frais. Data dianalis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase dan nilai rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum pada tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mesin frais dapat dibuktikan pada pra siklus capaian ketuntasan hasil belajar sebesar 24%, meningkat menjadi 56% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84% pada siklus II. Untuk afektif siswa, pada pra siklus persentase rata-rata sebesar 51,52% meningkat menjadi 64,78% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76,66% pada siklus II. Pra siklus untuk psikomotor siswa persentase rata-rata sebesar 43,45% meningkat sebesar 60,48% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,11% pada siklus II.

 

Kata Kunci: hasil belajar, mesin frais, model kooperatif, Jigsaw.

Full Text:

PDF

References

Anita Lie. (2002). Cooperative Learning (Memperaktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, Prenada Media Group, 2006.

Sujana, Nana. (2007). Penilaian Hasil Belajar Mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Sarwiji Suwandi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : FKIP UNS.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Wina Sanjaya (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.