Peningkatan Kreativitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Teori Mesin Bubut Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil Kelas X-B SMK Warga Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Martha Mara, Danar Susilo Wijayanto, Budi Harjanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X-B Pemesinan SMK Warga Surakarta pada mata pelajaran Teori Mesin Bubut dengan menerapkan metode  diskusi kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-B Pemesinan SMK Warga Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Sumber data penelitian ini berupa peristiwa dan dokumen berhubungan dengan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah, observasi, dokumentasi dan tes. Velidasi data menggunakan teknik validasi isi dan konstruk. Analisis data mengunakan teknik analisis deskriptif. Untuk kreativitas belajar siswa pada lembar amatan mengalami peningkatan, persentase kreativitas belajar pada pra siklus sebanyak 20,11%. Pada siklus I kreativitas belajar memperoleh 48,29%. Pada siklus II kreativitas belajar memperoleh 76,53%. Hasil belajar pada pra siklus yang mencapai ketuntasan sebesar 48,64% dari 37 siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar 70,29% dari 37 siswa. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar 86,48% dari 37 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran teori Mesin Bubut dapat meningkatkan krativitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X-B Pemesinan SMK Warga Surakarta.

 

Kata kunci : Kelompok kecil, kreativitas belajar, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggrani, Aulia Febri. (2015). Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Kelas X 4 pada Materi Masalah - Masalah yang Dihadapi

Pemerintah Dibidang Ekonomi di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal

Pendiddikan Ekonomi UNESA

http://jurnalmahasiswa.unesa ac.id/a tile/5908/53/article.pdf

Hardi Jamil. (2016). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil

Belajar Pkn Kelas V SDN 1 Margaagung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung

Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016.

http://digilib.unila.ac.id/24872/3 SKRPSI%20TANPA%20BAB20PMB HASA.pdf

Rohani, Yuliah. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Kelompok Diskusi

Kecil dengan Menggabungkan Pemberian Hadiah Pada Siswa Kelas V Madrasah

Ibtidaiyah Muhammadiyah Dungbang Ngadiluw Matesih Karanganyar Tahun 2012 / 2013

http://eprints.ums.ac.id/2309 /18/JRNAL_PUBLIKASI.pdf

Mirna, Laila.(2012). Penggunaan Metode diskusi kelompok kecil dalam peningkatan dalam

Meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas VI

madrasah ibtidayah negeri pasir pengaraian kecamatan rambah kabupaten Rokan Hulu.

http://repository.uinsuska.ac.d/9276/M2013_2013674P MI.pd

Silvia .(2013).Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dengan Media Word Square u ntuk

Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Siswa (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi

Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester Ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran

/2012

http://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.