Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning (Pbl) Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada mata pelajaran gambar teknik melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya motivasi belajar dan pemahaman pada mata pelajaran Gambar Teknik yang dibuktikan dari peningkatan nilai motivasi belajar dan pemahaman pada mata pelajaran gambar teknik. Sebelum tindakan sebanyak 10 siswa yang mendapat nilai motivasi dalam kategori baik, siklus I naik menjadi 18 siswa, dan pada siklus II naik menjadi 28 siswa, dan nilai rata-rata pemahaman gambar teknik siswa pada pratindakan sebesar 60,5 sedangkan siklus I naik menjadi 75,96 dan pada siklus II naik menjadi 81,09. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Work Based Learning, Kreativitas, Keterampilan Belajar, dan Mesin Frais.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arends. 2009, Cooperative Learning. Bandung: Grasindo.
Pahlevi RF. 2011. Menginterpretasikan Gambar Teknik. Yogyakarta: Modul TKR
Susanti Dwi. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Problem-based learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Batik 1 Surakarta. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.
UUD 1945. BAB XIII Pendidikan dan Kebudayaan. https://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Dasar_Negara_Republik_Indonesia_Tahun_1945/Perubahan_IV#Pasal_31
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.