Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teknik Animasi 3 Dimensi Di PTIK Uns Dengan Menggunakan Java Netbeans

Maria Natalia Dwiastuti, Agus Efendi, Basori Basori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teknik animasi 3D di PTIK UNS, dan 2) Mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teknik animasi 3D di PTIK UNS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan 4D. Penelitian ini meliputi 3 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, dan tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan, validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta terdapat penilaian dari pengguna kelompok kecil dan kelompok luas untuk mengetahui kelayakan pengunaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari data kuantitatif yang deperoleh dari lembar penilaian. Hasil penelitian dan pengembangan adalah: 1) menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan software Netbeans IDE. 2) Hasil penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran interakti dari ahli materi 97% yang dikategorikan sangat layak, ahli materi memberikan penilaian 86%  yang dikategorikan sangat layak, penilaian kelompok kecil 79% dalam kategori layak dan pengguna kelompok luas memberikan penilaian 87% yang dikategorikan sangat layak.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Java, Netbeans IDE, Teknik Animasi 3D.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Haryadi, S. P. Rancang Bangun Alat Ukur Jarak Antara Dua Titik Dengan Menerapkan Hukum Pemantulan Cahaya Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Laporan Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Riduwan. (2009 & 2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Ns. R. H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.