Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Gambar Teknik Melalui Penerapan Metode Project Based Learning (Pbl) Bagi Siswa Kelas X-B Smk Warga Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Kartini Kartini, Suharno Suharno, Yuyun Estriyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik peserta didik kelas X-B SMK Warga Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Sasaran perubahan adalah hasil belajar peserta didik, sedangkan variabel tindakannya adalah penggunaan Project Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-B SMK Warga Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru, observer dan partisipasi peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, pemberian tugas, dan wawancara. Validasi data menggunakan validitas isi, lembar amatan dan pemberian tugas dengan menggunakan teknik expert judgement. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I ketercapaian persentase hasil belajar peserta didik sebesar 62.16% dan keterampilan peserta didik sebesar 64.28%. pada siklus II ketercapaian persentase hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 86.48% dan keterampilan peserta didik sebesar 88.61%.

Kata kunci: Gambar Teknik, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning.

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Darsono. (2005). Hubungan Kemampuan Membaca Gambar dan Menggambar dengan Efektifitas Kerja Karyawan. Yogyakarta: PT. Sumber Agung.

Hamid, Moh sholeh. (2011). Metode EDU Tainment. Jogjakarta: DIVA Press.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Juhana, Ohan, & M. Suratman. (2012). Menggambar Teknik Mesin dengan Standar Iso. Bandung: Cv Pustaka Grafika.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B., & Nurdin Mohamad. (2011). Pembelajaran Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.