Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (Stad) Melalui Lesson Stud

Fajar Ayu Prabandini, Sri Sumarni, Abdul Haris Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Rencana Anggaran Biaya pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Sukoharjo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui Lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan (plan) , tahap pelaksanaan (do), tahap observasi, dan tahap refleksi (see). Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Sukoharjo. Data diperoleh melalui observasi ranah afektif, psikomotorik, dan keaktifan siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validasi data, sedangkan untuk analisa data menggunakan teknik analisis interaktif kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah odel pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui Lesson study dapat meningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Rencana Anggaran Biaya pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Sukoharjo.

 

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), Lesson study, Keaktifan. 

Full Text:

PDF

References

Amornsinlaphachai, P. (2014). Designing a learning model using the STAD technique with a suggestion system to decrease learners’ weakness. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 431-435.

Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.

Faiz, A. (2016). Pengertian Persiapan Langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Diperoleh 26 Desember 2016, dari http://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Pengertian-Persiapan-Langkah-dan-Kelebihan-serta-Kekurangan-Pembelajaran-Kooperatif-Tipe-STAD/

Lasia, I. N., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 12 Padang Sambian Kota Denpasar Tahun 2013/2014. Jurnal MIMBAR PGSD, 2(1). Diperoleh pada 20 Desember 2016, dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2302

Leong, S. S. M., Said, H. M., Shahrill, M., & Perera, J. S. H. (2016). Using lesson study to enhance meaningful understanding on the topic of pressure. International Journal of Environmental and Science Education, 11 (15), 8425-8435. Diperoleh pada 26 April 2017, dari https://www.researchgate.net/profile/Masitah_Shahrill/publication/308889245_Using_Lesson_Study_to_Enhance_Meaningful_Understanding_on_the_Topic_of_Pressure/links/57f4f11c08ae280dd0b8c6d8.pdf

Prayekti & Rasmiyah, (2012). Lesson study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18 (1) 54-64.

Slavin, R. E. (1995). Student teams-achievement divisions in the secondary classroom. Secondary schools and cooperative learning: Theories, models, and strategies, 425-446.

Tarim, K., & Akdeniz, F. (2008). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods. Educational studies in Mathematics, 67(1), 77-91.

Tiantong, M., & Teemuangsai, S. (2013). Student Team Achievement Divisions (STAD) Technique Through The Moodle To Enhance Learning Achievement. International Education Studies, 6(4), 85.

Tran, V. D. (2013). Effects Of Student Teams Achievement Division (STAD) On Academic Achievement, And Attitudes Of Grade 9th Secondary School Students Towards Mathematics. International Journal of Sciences, 2(2013-04), 5-15.

Warsono & Haryanto (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.