UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X TPM SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Aprilia Domeng, Ranto Ranto, Budi Harjanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kompetensi dasar teknik penggunaan alat ukur dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bagi siswa kelas X TPM di SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM-1 SMK Pancasila Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan  validitas konstruk untuk validitas non tes dan validitas isi untuk data dari tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) pada tahap pra siklus siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar sebesar 42,86%. Pada siklus I siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 71,43% dan pada siklus II siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 89,29%. (2) pada tahap pra siklus siswa yang nilainya memenuhi KKM sebesar 46,43%. Pada siklus I siswa yang nilainya memenuhi KKM sebesar 71,43% dan pada siklus II siswa yang nilainya memenuhi KKM sebesar 89,29%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kompetensi dasar menerapkan teknik penggunaan alat ukur kelas X TPM-1 di SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, teams games tournament (TGT), teknologi mekanik

Full Text:

PDF

References

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Wibowo, Muhammad Ari Agung. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Turnament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.