Media Persemaian Tanaman Ramah Lingkungan

Sri Sumarni, Fajar Danur Isnantyo

Abstract

Kebutuhan media persemaian bagi para petani holtikultura sangatlah tinggi. Namun, media persemaian yang saat ini digunakan oleh sebagian besar para petani adalah menggunakan polybag yang diisi dengan tanah. Polybag yang digunakan tersebut menjadi salah satu pencemaran lingkungan pertanian. Kegiatan ini bertujuan membuat media persemaian yang ramah lingkungan sekaligus praktis bagi para petani. Media persemaian dibuat dari limbah pupuk kandang yang tidak memerlukan polybag atau sejenisnya, sehingga bisa langsung ditanam ke tanah, juga bisa menghindari stress tanaman saat pemindahan bibit ke lahan yang baru  juga sekaligus sebagai solusi penggunaan pupuk organik.

 

Kata Kunci: Polybag, petani, ramah lingkungan

Full Text:

PDF

References

Alihamsyah T, 2007, Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Dukungan Aspek Mekanisasi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian, Jakarta

Almasdi Syahza, Suarman. 2013. Strategi Pengembangan Daerah Tertinggal Dalam Upaya Percepatan pembangunan Ekononi Pedesaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 14 Nomor 1, Juni 2013, hlm. 126-139 . Lembaga Penelitian Universitas Riau, Pekanbaru.

Rusono N, Indarto J, Avianto N. 2003. Profil Pangan dan Pertanian, Bepenas; Jakarta.

http://www.bappenas.go.id

http://krenovabalitbangjateng.com/bio-seeding-block-media-semai-instan/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.